Pemdes Taba Mutung Salurkan BLT Tahap I

IST/BE
BLT : Camat Karang Tinggi, Kades Taba Mutung, BPD foto bersama usai penyerahan BLT secara simbolis, kemarin (20/5).

KARANG TINGGI, BE – Pemerintah Desa (Pemdes) Taba Mutung, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) tahap I.
Kepala Desa (Kades) Taba Mutung, Alsis Mulyono mengatakan, penyaluran BLT dilakukan dengan mempedomani Permdendes nomor 6 tahun 2020.
Dimana, setiap Kepala Keluarga (KK) penerima BLT mendapat bantuan senilai Rp 600 ribu perbulan selama 3 bulan.
Ditahap awal, penyalurannya dilakukan secara tunai. Yaitu, di diserahkan langsung ke masing-masing penerima yang terkena dampak Covid-19.
“Ada 87 KK di Desa Taba Mutung yang berhak menerima BLT. Ditahap I ini, sepeserpun tak ada potongan,” kata Kades.

Disampaikan Kades, dana BLT sepeserpun tak ada pemotongan. Akan tetapi, ditahap II dan tahap III, BLT kemungkinan disalurkan secara non tunai. Yaitu, langsung di transfer ke rekening masing-masing.
“BLT tahap II dan III kemungkinan akan ditransfer melalui rekening Bank Bengkulu,” tandasnya.

Lebih lanjut, Kades mengungkapkan, BLT berasal dari dana desa (DD) bantuan dari Pemerintah Pusat. Pergeseran DD membuat rencana pembangunan tembok pelapis tebing (TPP) dan drainase terpaksa ditunda dulu. Ditahun ini, pembangunan fisik hanya bisa mengakomodir pembangunan gedung PAUD.
Secara keseluruhan, Kades menerangkan, Desa Taba Mutung memiliki sebanyak 121 KK.
Beberapa diantaranya sudah diakomodir di BST sebanyak 14 orang, PKH 13 orang dan BPNT 2 orang. Lalu, ada pula PNS dan Polri  sebanyak 5 orang yang tak menerima BLT.
“Insya Allah, rencana pembangunan yang ditunda akan dilaksanakan tahun depan,” jelas Kades.

Pantauan BE, penyerahan BLT dilakukan secara simbolis di gedung serbaguna Desa Taba Mutung, Kamis (21/5) kemarin.
Hadir diantaranya, Camat Karang Tinggi, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD, perangkat desa dan perwakilan penerima BLT.
Penyaluran BLT dilakukan melalui protokol kesehatan penanganam Covid-19. Teknisnya, penerima BLT secara bergiliran datang ke kantor desa dan langsung diminta pulang setelah menerima uang. Hal ini dilakukan  untuk menghindari kerumunan yang dilarang oleh Pemerintah saat pandemi Covid-19.

Camat Karang Tinggi, Feri Aprianto SSos mengungkapkan, Desa Taba Mutung merupakan desa  pertama yang menyalurkan BLT di Kecamatan Karang Tinggi.
Dari 13 desa di Kecamatan Karang Tinggi, hampir seluruh desa sudah mencairkan DD tahap I. Hanya tinggal 1 desa yang masih dalam proses, yaitu Desa Pelajau.

“Kami berikan apresiasi kinerja Kades dan perangkat desa. Dari 13 desa, Taba Mutung merupakan yang pertama menyalurkan BLT. Saya harap desa lain bisa mencontoh agar BlT segera disalurkan sebelum lebaran Idul Fitri 1441 H,” demikian Camat.(135)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*