Pemda Provinsi Bengkulu Apresiasi Bpjs Kesehatan Dalam Pemberian Pelayanan Pada Masa Covid 19

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Dalam rapat kegiataan Forum Kemitraan Provinsi Tahap I tahun 2020 yang dilaksanakanmelalui video Confrence. Pemerintah Provinsi Bengkulu memberikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan yang tetap memberikan pelayanan kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19. Pernyataan itu diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri usai memimpin rapat melalui vicon di ruang VIP Pola Pemprov Bengkulu (6/5). “Kita berikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan yang tetap berkomitmen membuka pelayanan administrasi dan pelayanan dalam masa Pandemi Covid-19 ini,” ujar Hamka. Disebutkan Hamka, adapun layanan yang diberikan dari BPJS Kesehatan selama pandemi Covid-19 ialah melakukan administrasi pelayanan seperti pendaftaran kepesertaan dan verifikasi pelayanan kesehatan.

 

Sementara terkait Kepesertaan JKN-KIS yang ada di Provinsi Bengkulu sampai dengan saat ini sudah sebanyak 1.617.872 penduduk telah tedaftar menjadi peserta JKN-KIS dari total penduduk 2.001.578 penduduk atau sekitar 80,8 persen. Sedangkan yang belum mendaftarkan diri berjumlah 383.706 jiwa atau sekitar 79,2 persen, khusus Jamkesda Provinsi Bengkulu masih terdapat kuota sisa sebanyak 7.422 kuota yang dapat digunakan untuk menjamin masyarakat di Provinsi Bengkulu yang masih membutuhkan jaminan kesehatan. Pemda Provinsi Bengkulu juga akan melakukan advokasi kepada kepala daerah kabupaten/kota agar mengarahkan supaya masyarakat daerah bisa masuk menjadi peserta BPJS Kesehatan segmen ini.

“Kami juga telah melakukan feedback data dan telah disampaikan oleh Gubernur Bengkulu kepada kabupaten/kota pada tanggal 30 Januari 2020 surat Nomor: 440/126/DINKES/2020 Perihal Data Kepesertaan Jamkesda Provinsi Tahun 2020 baru beberapa kabupaten/kota yang sudah memberikan data ke Dinas Kesehatan,” terang Hamka.

Sementara Deputi Direksi BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu, Elsa Novelia meminta dukungan pemda pemenuhan kuota Peserta PKS Jamkesda (PBI APBD Kabupaten dan Provinsi) sebagai wujud gotong royong dan upaya mendukung Universal Health Covered  (UHC) secara nasional. Elsa juga menjelaskan  terkait Pandemi Covid1 9 yang sedang melanda Indonesia saat ini BPJS Kesehatan siap memberikan dukungan data dan pelayanan kepada pemda Provinsi Bengkulu “Kami juga siap berkoordinasi dan saling memberikan data terkait data Potensi Covid 19 yang ada dalam rangka memutus virus Covid 19 ini” jelas Elsa.

Kegiatan Forum Kemitraan Pemangku Kepentingan Provinsi Bengkulu diselenggarakan bertujuan selain sebagai sarana sosialisasi Jaminan pelayanan bagi peserta juga sebagai monitoring dan evaluasi terkait pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan dan provider yang berkerjasama dengan BPJS Kesehatan di Wilayah Provinsi Bengkulu dengan melibatkan berbagai UPD seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Pimpinan Rumah Sakit yang ada di Provinsi Bengkulu, Perwakilan LVRI dan perwakilan Pensiunan PNS. (RW/dw/Ril)