Pemda Mukomuko Siap Dukung Langkah Bpjs Kesehatan

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu menggelar forum kemitraan dengan Pemangku Kepentingan Program JKN-KIS tingkat Kabupaten Mukomuko, Rabu (22/07). Langkah ini dilakukan guna menyamakan pemahaman tentang Program JKN-KIS dari para stakeholder, dan mempermudah koordinasi antar instansi dalam menyelesaikan kendala-kendala operasional lapangan.

“Lewat pertemuan ini, kami juga berharap semua pihak dapat turut mendukung peningkatan mutu pelayanan kesehatan sesuai kewenangan serta meningkatkan efektifitas pengelolaan fasilitas kesehatan,” kata Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Mukomuko Elva Elinda dalam kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Bappeda Mukomuko, Anggota DPRD Komisi III, dan jajaran dinas terkait.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengapresiasi Pemda Mukomuko yang telah menyelenggarakan Program JKN-KIS semaksimal mungkin di wilayah tersebut. Ia pun berharap, semua stakeholder dan dinas terkait bisa mengoptimalkan sinerginya dengan BPJS Kesehatan. Menurutnya, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program JKN-KIS tidak bisa bekerja tanpa ada bantuan dan kerjasama dari pihak-pihak terkait.

Dalam forum tersebut, ia juga menjelaskan seputar Peraturan Presiden nomor 64 tahun 2020 yang salah satunya terkait dengan penyesuaian iuran JKN-KIS. Ia juga menjelaskan kinerja BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu dalam menyelenggarakan Program JKN-KIS di wilayah setempat.

“Sampai dengan bulan Juni 2020 jumlah penduduk yang sudah mendapat jaminan kesehatan di Kabupaten Mukomuko sebanyak 146.160 jiwa dari total penduduk 183.094 jiwa atau 79,83% dari populasi penduduk. Dalam memberikan layanan kesehatan, kami bekerja sama dengan 27 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan satu rumah sakit,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Mukomuko Haryanto mengharapkan dukungan dari para stakeholder dalam menyukseskan Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Ia pun berkomitmen pihaknya akan mendukung dan menyelaraskan langkah dalam mengawal Program JKN-KIS.

“Kami mohon dengan stakeholder mari kita bekerja sama untuk menyukseskan Program JKN-KIS di Kabupaten Mukomuko sehingga tujuan dan keinginan pemerintah untuk menjamin kesehatan bagi masyarakat bisa benar-benar terlaksana dengan optimal,” ujar Haryanto.  (RW/dw/adv)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*