Pemda Harus Gencar Sosialisasi dan Perketat Prokes Covid-19 Hingga ke Desa

Foto 1 Hendrik/ BE – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu H. Zainal, S. Sos. M. Si

BENGKULU, Bengkuluekspress.com –
Pemerintah Daerah (Pemda) bersama stakeholder terkait dinilai harus gencar melakukan sosialisasi dan memperketat penegakan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Pasalnya penerapan Prokes khususnya, di wilayah pedesaan masih rendah.

“Belum sepenuhnya masyarakat di pedesaan menerapkan prokes dan mengurangi aktifitas keluar rumah dan tidak berkerumun,” kata Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu H. Zainal, S. Sos, Kamis (12/8).

Foto 2 Doc Bengkuluekspress.com – kampanye wajib pakai masker

Zainal mengatakan, saat ini banyaknya warga pedesaan yang menderita penyakit menyerupai Covid 19, lantaran tidak melakukan swab PCR ataupun antigen.

“Jika dibuktikan dengan pemeriksaan terhadap warga desa setempat, diperkirakannya jumlah kasus Covid 19 juga banyak di wilayah pedesaan,” ujarnya.

Politisi PKB ini mengungkapkan, maka peran eksekutif dalam hal ini untuk terus tak henti-hentinya mengupayakan sosialisasi dan memperketat penerapan Prokes bagi masyarakat. Namun, sambungnya, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya prokes tersebut, juga harus ada panutannya dan tidak pandang buluh.

 

“Jika tokoh masyarakat dan agama, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan aparat penegak hukum, ketika tidak menerapkan prokes, supaya diberikan sangsi, sama dengan masyarakat di saat melakukan pelanggaran,” tegasnya.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat di wilayah desa khususnya, agar dapat mentaati prokes yang ditetapkan pemerintah. (HBN/Adv)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*