Pemda, Gelar Manasik Haji

Foto : Kabag Kesra Setda Pemkab Bengkulu tengah, Sri Widodo SSos

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu tengah akan menggelar manasik haji. Sesuai dengan rencana, kegiatan manasik haji akan dilakukan oleh Pemda Bengkulu tengah sebanyak 4 (empat) kali. “Yang pertama, manasik haji akan kami laksanakan pada tanggal 25 April 2019,” ungkap Kabag Kesra Setda Pemkab Benteng, Sri Widodo SSos, Selasa (9/4) kemarin.

Dijelaskan Sri, manasik haji akan dilaksanakan di Masjid Al-Shiyab di Desa Ujung Karang, Kecamatan Karang Tinggi. Pada kesempatan itu, Pemda Benteng akan melibatkan Kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu tengah serta ulama untuk memberikan pemahaman kepada CJH mengenai tata cara serta kegiatan selama di tanah suci Makkah, Arab Saudi nanti.

“Untuk manasik haji yang kedua, ketiga dan keempat akan dilaksanakan setelah hari raya Idul Fitri nanti,” tambahnya.



Selain menggelar manasik haji, pria yang juga pernah menjabat Camat Pondok Kelapa ini mengatakan, Pemda Bengkulu tengah juga akan memberikan soevenir kepada para CJH berupa baju batik basurek yang merupakan ciri khas Provinsi Bengkulu. “Untuk tali asih ataupun uang saku memang tak dianggarkan. Hanya baju batik basurek yang akan diberikan kepada CJH,” pungkasnya.

Terpisah, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu tengah, Dr Rusman Saleh MPd menuturkan, sesuai dengan rencana pemberangkatan haji (RPH) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, keberangkatan CJH akan dimulai pada tanggal 6 Juli 2019. “Nantinya, Kemenag RI akan mengeluarkan jadwal rinci mengenai keberangkatan CJH dari berbagai Kabupaten/Kota se-Indonesia. Yang jelas, keberangkatan CJH akan dilakukan paling cepat tanggal 6 Juli. Agar ibadah haji berjalan lancar, Kemenag Bengkulu tengah juga akan menggelar manasik haji sebanyak 2 kali dan ditingkat KUA sebanyak 8 kali,” demikian Rusman.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*