Pemda Diminta Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan KUR

Foto Hendrik/ BE – Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu, Syarwan, S.E,M.M.

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Kementerian Keuangan melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu meminta Pemerintah Daerah (Pemda) di Provinsi Bengkulu untuk mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memanfaatkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hal itu, ditegaskan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu, Syarwan, S.E,M.M Selasa (6/4).

“Pemda harus mendorong dan memberi kesemptan UMKM, memanfaatkan program pinjaman KUR baik yang ada di bank milik pemerintah maupun bank swasta,” kata Syarwan.

Ia mengatakan, saat ini masih dalam kondisi pandemi, sehingga banyak usaha yang memerlukan tambahan modal ataupun bantuan dana. Seharusnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wajib ikut andil dalam mendorong UMKM memanfaatkan program KUR.

“Seperti Dinas Koperasi, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Perikanan dan Kelautan ini kan biasanya punya binaan. Sehingga ini juga bisa diarahkan untuk memanfaatkan program KUR,” ungkapnya.

Syarwan menjelaskan, dorongan dalam pemanfaatan KUR itu peerlu dilakukan Pemda. Mengingat banyak kendala sehingga program KUR tidak termanfaatkan, seperti l ketidaktahuan masyarakat bahwa ada program KUR yang menawarkan pinjaman dengan bunga rendah itu.

“Maka Pemda perlu untuk disosialisasikan dan disinergikan. Agar kita harapkan perekonomian masyarakat akan dapat lebih baik lagi kedepan,” ungkapnya.

Sementara itu, hingga akhir Maret tahun 2021 kemarin penyaluran program KUR di Provinsi Bengkulu yakni sudah mencapai Rp 749 miliar, dengan penyalur KUR terbanyak yakni BRI dan Bank Mandiri. Sedangkan berdasarkan rincian per daerah penyaluran KUR terbanyak ada di Bengkulu Utara, Kota Bengkulu daj Mukomuko dengan penyaluran KUR sudah diatas angka Rp 100 miliar lebih. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*