Pemda BS Segera Gelar Lomba Cipta Rasa Pendap

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi SE MM

KOTA MANNA, BE – Sebagai tindak lanjut atas capaian prestasi masakan Khas Bengkulu Selatan (BS) Pendap meraih penghargaan tingkat nasional urutan ketiga sebagai makanan khas terpopuler se-Indonesia.

Dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2020. Pada Event yang dimotori Kementerian Pariwisata RI Pesona Indonesia ke-5. Bupati BS Gusnan Mulyadi SE MM merencanakan menggelar lomba cipta rasa masakan pendap.

“Nanti kita lombakan pembuatan pendap,” kata Gusnan.

Dikatakan Gusnan, dalam lomba itu nanti, yang dicari yang terbaik terkait kemasan dan juga cita rasanya. Pendap yang terbaik ditetapkan menjadi contoh untuk dipajang. Nantinya setiap ada kegiatan resmi atau acara Pemda BS, Pemda BS selalu menyuguhkan masakan pendam sebagai menu utama. Untuk itu, Gusnan mengajak para pembuat masakan pendap di BS, agar menyiapkan diri mengikuti lomba tersebut. Dengan menyiapkan cita rasa yang baik. Pendap yang terbaik menjadi standar cita rasa untuk membedakan pendap BS dengan daerah lain.

“Untuk waktu lombanya nanti kita koordinasikan kapan waktunya yang tepat,” ujar Gusnan.

Ditambahkan Gusnan, momen prestasi ini harus menjadi ajang promosi BS. Sebab, masakan pendap sudah dikenal nasional. Oleh karena itu, dapat menjadi motivasi bagi BS untuk terus mengenalkan BS ke luar. Tidak hanya dalam kegiatan Pemda, dalam promosi wisata BS juga nantinya mengikutsertakan masakan pendap. Jadi ketika orang melihat pendap, orang langsung ingat pada BS, dengan segala seni budaya dan obyek wisatanya.

“Kita juga mempromosikan obyek wisata di BS bersama dengan masakan pendap,” imbuhnya.

Gusnan juga berharap warga BS dapat mencintai masakan khas BS tersebut dan dapat selalu mempromosikannya ke luar daerah. Sehingga ke depan BS semakin dikenal dunia luar.

“Mari kita sama-sama mempromosikan BS. Termasuk masakan khas BS salah satunya pendam agar kita semakin dikenal tidak hanya di Indonesia bahkan hingga manca negara,” harap Gusnan.

Ditambahkan Kepala Dinas Pariwisata BS, Drs H Yulian Fauzi MAP. Dengan raihan prestasi ini dapat menjadi salah satu daya tarik warga luar untuk kunjungan ke BS. Dengan begitu, dapat mendukung kemajuan dunia pariwisata BS.

“Prestasi ini, akan menjadi salah satu strategi branding ke tingkat nasional untuk memperkenalkan destinasi wisata dan kuliner yang ada di BS,” ujar Yulian Fauzi. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*