Pemda Benteng Tampung 746 Usulan

Bakti/BE
Musrenbangkab : Wabup Benteng didampingi Kepala Bappeda foto bersama anggota DPD RI serta tamu yang hadir saat acara Musrenbang tingkat kabupaten, Kamis (18/3).

BENTENG, BE – Pemerintah Daerah (Pemda) Bengkulu Tengah (Benteng), telah menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten di Aula Hotel Puncak tahura, Kamis (18/3). Melalui kesempatan itu, Badan Perencanaan dan Pembangunan daerah (Bappeda) Benteng menampung sebanyak 746 usulan masyarakat.

“Usulan dari desa melalui Musrenbangcam 11 kecamatan ada sebanyak 547 usulan dan usulan masyarakat dari Pokir dewan ada sebanyak 199 usulan dari hasil reses anggota DPRD Benteng atau pokok pikiran DPRD dari 4 daerah pemilihan (Dapil) se-Kabupaten Benteng,” kata Kepala Bappeda Benteng Nirzawan SH MM pada BE.

Dari hasil pencermatan, ungkap Nirzawan, usulan yang disampaikan masyarakat sebagian besar perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan, serta pembangunan irigasi. Lalu, tak sedikit pula masyarakat yang membutuhkan perhatian dibidang pertanian, perkebunan, tanaman pangan, peternakan serta optimalisasi dibidang perikanan.

“Secara keseluruhan usulan masyarakat masih dibidang ekonomi dasar,” tambah Nirzawan.

Sementara itu, Wakil Bupati Benteng Septi Peryadi STP saat membuka acara mengatakan, Musrenbang dilakukan secara berjenjang dan bertahap. Diawali dengan Musrenbang tingkat desa, tingkat kecamatan, konsultasi publik serta forum OPD. Hal itu dilakukan untuk mendapat masukan dan penyempurnaan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2022.

“Usulan Musrenbangkab nanti disampaikan ke gubernur untuk difasilitasi sebelum akhirnya ditetapkan menjadi RKPD. RKPD menjadi dasar dalam penyusunan KUA PPAS RAPBD tahun 2022 nanti,” tandasnya.

Pantauan BE, Musrenbang berlangsung sukses dan lancar. Hadir diantaranya, anggota DPD RI, anggota DPR RI, Asisten Bidang Pemerintahan Setdaprov, Ketua dan anggota DPRD Benteng, presidium pemekaran Kabupaten Benteng, perwakilan OPD dan instansi vertikal.

Terpisah, anggota DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief SPsi memberikan apresiasi kepada Pemda Benteng yang telah mengundang dirinya. Sebab, tak seluruh kabupaten/kota memberikan kesempatan kepada anggota DPD RI menghadiri acara penting tersebut.

“Tak semua kabupaten mengundang anggota DPD dan DPD RI. Apa yang dilakukan Pemda Benteng sangat baik. Sehingga ada sinergisitas antara Pemkab dengan DPD. Sebab, setiap usulan kami harus sesuai dengan usulan daerah,” kata Riri.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*