Pembuatan Waduk Disetujui Pusat

FOTO: Helmi Hasan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Upaya Walikota Bengkulu, H Helmi Hasan untuk merealisasikan pembangunan waduk di kawasan Tanjung Jaya mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat. Hal ini setelah diresponnya pengajuan bantuan dana Rp 300 miliar melalui proposal yang sudah disampaikan beberapa waktu lalu.

“Waduk, Insya Allah kemarin kita ke Kementerian SDA dan ketemu juga dengan BNPB masuk dalam prioritas,” kata Helmi Hasan, kemarin.

Menurutnya, solusi yang bisa dikerjakan pemerintah kota dalam waktu dekat untuk menanggulangi banjir hanya pembangunan waduk ini, sedangkan mengenai masalah pertambangan di hulu sungai merupakan ranah provinsi. Oleh sebab itu, saat ini waduk merupakan skala prioritas Pemkot untuk segera diwujudkan. Sementara untuk persoalan lahannya terus melakukan pendekatan terlebih lagi pasca banjir besar yang merendam ratusan rumah khususnya di kawasan Tanjung Jaya dan Tanjung Agung.

“Soal lahan, kita sampaikan APBD kita tidak cukup ke BNPB dan Kementerian PU tidak bisa juga, maka kita coba dari kementerian lain yakni Kemensos. Nah, ini dalam proses komunikasi untuk meyakinkan, persentasenya Insya Allah 78 persen,” ungkap Helmi.

Seiring dengan menjemput bantuan pusat tersebut, pihaknya juga terus menyakinkan masyarakat bahwa waduk juga memiliki manfaat lain yang bisa dinikmati masyarakat setempat.  “Waduk tersebut nantinya juga solusi untuk darurat air bersih, waduk ini menjadi sumber ekonomi warga sekitar yang mana akan menjadi kolam pemancingan terbesar di Bengkulu yang hasilnya dapat dinikmati warga sekitar, serta akan menjadi destinasi wisata di Kota Bengkulu,” terangnya. (805)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*