Pembuatan KK Nasional Meningkat

TUBEI, BE – Ternyata pembagian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) atas kompensasi kenaikan harga BBM beberapa waktu yang lalu ikut membawa dampak terhadap pembuatan Kartu Keluarga (KK) Nasional di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lebong.
Bahkan, dalam bulan ini saja Dukcapil ternyata sudah mencapai hingga 2000 lembar KK nasional.
Kadis Dukcapil Lebong, Syamsul Bachri BS SSos MSi mengungkapkan, bahwa saat BLSM akan dibagikan, dalam satu hari pembuatan KK Nasional bisa mencapai hingga 300 eksemplar. Bahkan selama 3 hari berturut-turut pencetakan KK nasional ini dilakukan hingga malam hari. “Dalam 2 minggu bulan ini saja kita sudah mencetak 2000 lembar KK nasional,” ungkapnya.
Selain itu, lanjutnya, pada hari biasa pihaknya hanya melayani pembuatan/pencetakan KK nasional sebanyak 20-30 lembar setiap hari. Ada peningkatan pembuatan KK nasional ini berkat adanya program pembagian BLSM yang direalisasikan oleh pemerintah pusat. “Dari 41.706 wajib KK di Kabupaten Lebong hanya tinggal 13.315 diantaranya yang baru memiliki KK Nasional,” lanjutnya.
Dikatakannya, peningkatan pembuatan KK Nasional terlihat setelah dibagikannya Kartu Perlindungan Sosial (KPS) kepada masyarakat oleh masing-masing kades di Kabupaten Lebong. Sejak itu, warga pun mulai berdatangan ke Kantor Dukcapil Lebong untuk melakukan pembuatan membuat KK Nasional.
“Kita berharap peningakatan pembuatan KK Nasional ini tidak hanya terjadi karena ada realisasi bantuan dari pemerintah pusat saja, melainkan juga karena kesadaran warga sendiri,” kata Syamsul.(777)
Rumah Adat : Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten Lebong menyampaikan surat ke Bupati untuk perbaikan rumah adat di Desa Gunung Alam.(dwi/be)