Pembuat AK-1 2.808 orang

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Sepanjang tahun 2019, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebong, mencatat sebanyak 2.808 orang mengurus pembuatan Kartu Pencari Kerja (AK 1), terdiri dari 1.250 laki-laki dan 1.558 perempuan.

Pelaksana tugas (Plt) Disnakertrans Kabupaten Lebong, Januar Pribadi SSos MSi mengatakan, dari total 2.808 orang pembuat AK-1, sebanyak 2.780 orang yang mendapatkan pekerjaan terdiri dari 2.720 orang dan didiminasi pencari kerja untuk melamar sebagai Tenaga Kerja Kontrak (TKK), Subcont PGE (Pt.Harco) sebanyak 30 orang, Subcont PGE PT PSU sebanyak 20 orang.

“Sisanya TKI ke Malaysia sebanyak 1 orang dan TKI ke Taiwan sebanyak 9 orang,” jelasnya,minggu (01/03).

Ia menambahkan, sementara sisa pembuat AK-1 sebanyak 28 orang hingga saat ini belum melapor, pihaknya tidak mengetahui apakah memang belum mendapatkan pekerjaan atau pihak perusahaan yang belum melapor.“Kita belum mendapatkan laporan yang pasti, penyebab belum melapornya para pencari kerja,” pintanya.

Dimintanya laporan sendiri merupakan salah satu upaya agar pihaknya mendapatkan data. Sehingga Disnakertrans bisa memperbahrui data jumlah masyarakat Lebong yang telah memiliki pekerjaan, minimal pembaharuan setiap tahun.“Yang melapor bisa pencari kerja maupun pihak perusahaan itu sendiri,” ujarnya

Ditambahkan Yanuar, bagi masyarakat yang akan membuat AK-1 untuk mecnari kerja, agar bisa langsung mendatangi kantor Disnakertrans dan jangan diwakilkan oleh orang lain. Hal tersebut agar data pembuat memang benar-benar yang akan mencari kerja serta menghindari adanya pemungutan.

“Karena membuat AK-1 kami pastikan tidak dipungut biaya atau gratis,” tegasnya.(614)