Pembibitan Rumput Vetiver Diapresiasi Provinsi dan BNPB

Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Drs Rusdi Bakar bersama Kepala BPBD Kepahiang, Ir Topik meninjau lokasi pembibitan 750 batang rumput vetiver di Kabupaten Kepahiang.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Langkah berani Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepahiang mendapatkan apresiasi BPBD Provinsi Bengkulu dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Mereka mendukung penuh program pembibitan dan pengembangan rumput vetiver.

Karena dinilai sangat bermanfaat untuk penanganan masalah longsor dan sendimentasi sungai yang dialami hampir seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu.

Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Drs Rusdi Bakar turun langsung meninjau lokasi pembibitan rumput vetiver di komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang.

Pengembangan 750 batang rumput asli India tersebut sangat didukung Rusdi Bakar, karena dinilai sangat berdampak positif untuk daerah. Sebab penanaman rumput vetiver merupakan program pemerintah pusat di sektor penanggulangan bencana.

“Alhamdulillah banyak diapresiasi, saya juga dikontak dari BNPB, dan kemarin juga langsung dikunjunggan Kepala BPBD Provinsi pak Rusdi Bakar,” ungkap Kepala BPBD Kepahiang, Ir Topik.

Topik menegaskan, pihaknya menargetkan rumput vetiver dikembangkan sekarang dapat ditanam secara merata di 117 desa kelurahan se-Kabupaten Kepahiang.

Rumput asal India ini jadi solusi jitu dalam mengatasi sedimentasi sungai dibeberapa wilayah, seperti kawasan desa-desa di area terdampak bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Ujan Mas.

Harapannya, agar seluruh pihak bisa menggalakkan program penanaman rumput vetiver. Terutama di wilayah-wilayah aliran sungai yang tergenang akibat bendungan.

“Rumput vetiver ini bisa mengatasi sedimentasi, lihat saja contohnya di sungai Citarum, penanaman rumput vetiver sudah digalakan secara nasional oleh pemerintah pusat,” ujar Topik. (320)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*