Pemberian Vaksin Capai 51%

suntik
ERICK/Bengkulu Ekspress
SUNTIK : Tim Medis ketika melaksanakan penyuntikan vaksin Campak dan MR kepada para siswa di Kabupaten Lebong.

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Hingga tanggal 27 Agustus 2018, Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong telah berhasil melakukan pemberian vaksin Campak dan Measles Rubella (MR) terhadap anak mulai umur 9 bulan hingga 15 tahun kurang 1 hari, mencapai 14.800 orang lebih atau 51 persen dari total 29.065 orang. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Lebong, Rachman SKM MSi, mengatakan, pelaksanaan pemberian vaksin Campak dan MR di Kabupaten Lebong dimulai sejak tanggal 6 Agustus 2018. Pemberian vaksin di bulan Agustus ini, kepada anak-anak usia sekolah (PAUD hingga SMA sederajat hingga anak-anak putus sekolah berumur 15 tahun kurang 1 hari).

“Ada sebanyak 20.805 anak pelajar dan ditambah 192 orang anak putus sekolah umur 7 hingga 15 tahun kurang 1 hari,” jelasnya, kemarin (27/8).

Ditambahkan Rachman, pemberian vaksin masih terus berjalan yang dilakukan oleh petugas dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). “Kita menargetkan 95 persen dari total 29.065 orang pemberian vaksin di Kabupaten Lebong,” sampainya.

RACHMAN SKM
foto: Rachman SKM MSi

Dalam pelaksanaan pemberian vaksin Campak dan MR, beruntung tidak ada penolakan yang berarti dari pihak masyarakat. Memang pada awal pelaksanaan, masih ada orang tua siswa yang menunda karena masih menungu keputusan atau fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta ada para anak yang masih sakit.“Dimana untuk pemberian vaksin sendiri, peserta harus sehat, jika sakit maka akan kita tunda,” ujarnya.

Untuk itulah, pihaknya akan kembali melakukan sweeping kepada anak-anak yang kemungkinan belum mendapatkan vaksin dan anak-anak yang sebelumnya ketika akan diberikan vaksin mereka (anak-anak) sedang dalam kondisi sakit.

“Jadi kita masih menunggu, siapa pun yang akan diberikan vaksin, silakan mendatangi Puskesmas terdekat,” tuturnya. (614)