Pembelian Mobil PBK Jadi Prioritas

KOTA MANNA, BE – Pada pembahasan RAPBD 2013 saat ini, DPRD BS akan memprioritaskan program-prgram yang paling dibutuhkan oleh warga BS. Salah satunya yang sangat penting untuk dianggarkan adalah pengadaan mobil penanggulangan bahaya kebakaran (PBK). Hal ini diungkapkan Wakil Ketua II DPRD BS, Drs Gunadi Yunir MM kepada BE.

Menurutnya, hal itu diperlukan lantaran saat ini ke-3  mobil PBK milik Pemkab BS sudah rusak. Sehingga perlu diganti dengan kendaraan PBK yang lebih layak.
Apalagi selama ini peristiwa kebakaran di BS sering terjadi. Gara-gara kendaraan operasional PBK yang sudah tua dan sering rusak, maka saat kebakaran terjadi, terkadang mobil PBK tidak mampu berbuat banyak. “Salah satu contoh saja saat kebakaran foto copy dekat kantor Dinas PU beberapa waktu lalu. Mobil PBK nyaris tidak berfungsi sehingga akibat kebakaran itu 1 unit rumah dan usaha foto copy ludes. Padahal lokasinya dekat dengan kantor PBK,” anggota DPRD 2 periode tersebut.

Sebab itu, dalam pembahasan RAPBD 2013, Gunadi mengatakan pihaknya akan memasukan anggaran sebesar Rp 2,4 M untuk kantor PBK. Rinciannya, Rp 1,4 M untuk pembelian 1 unit mobil PBK yang baru dan sisanya Rp 1 M untuk perbaikan ke-3 unit mobil PBK yang sudah sering rusak. “Dengan begitu, harapannya jika nantinya terjadi lagi kebakaran di BS, dapat segera diantisipasi dan akibat dari kebakaran itu dapat diminimalisir,” ujarnya.  (369)