Pembelian Aset Dana BOS Didata

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menggelar rekonsiliasi data aset seluruh sekolah mulai TK, SD dan SMP. Rekonsiliasi aset baru dilakukan untuk tahap semester satu yang bersumber dari Bantuan Operasional Sekolah. Kegiatan pendataan dilaksanakan di aula kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan berlangsung selama tiga hari. Untuk masing-masing jenjang pendidikan.

Kepala Bidang Aset DPKAD Hoirul Mu’asy menuturkan, rekonsiliasi kegiatan rutin yang diselenggarakan DPKAD. Sekolah diminta melaporkan aset yang bersumber dana BOS.



“Tidak semua dana BOS dibelanjakan jadi aset, makanya kita minta apa saja aset bersumber dana BOS itu.Agar lebih akurat, data dapat diperbaharui setiap semester sehingga laporan tersebut bisa tepat waktu, dengan begitu harapan meraih WTP dapat terwujud,” ujar Horul.

Kendala selama ini, masih ada beberapa sekolah yang belum tepat waktu melapor. Karena bendahara yang dilibatkan juga dari guru sehingga menganggu proses pengimputan data.  Dalam rekonsiliasi ini, DPKAD juga menyiapkan jasa instal sehingga bagi sekolah yang mengalami kendala dalam log in pada sistem dapat dibantu tim yang disiapkan.

“Kita targetkan tiga hari ini masing-masing sekolah sudah bisa melaporkan aset mereka, ” tutupnya. (247)