Pembebasan Lahan Tol Bengkulu – Lubuk Linggau Tahap II Mulai Dikerjakan

Gubernur Bengkulu,
Rohidin Mersyah

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol yang menghubungkan Bengkulu – Lubuk Linggau (Sumsel) tahap ll mulai dilakukan oleh pemerintah Provinsi Bengkulu. Hal itu dikatakan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, Rabu (20/1).

“Pembebasan lahan jalan tol tahap ll yang Taba Penanjung-Kepahiang sepanjang 28 kilometer mulai dilakukan,” kata Rohidin di Gedung Balai Raya Semarak Bengkulu, Rabu (20/1).

Rohidin mengatakan, saat ini pihaknya akan memulai tahap identifikasi masyarakat yang terkena dampak untuk pembebasan lahan. Dirinya meyakini pembebasan lahan itu akan berjalan lancar karena hal itu merupakan penunjukan langsung dan bukan melalui tahapan mekanisme lelang.

“Maka pembebasan lahan jalan tol seksi II ini harus segera dikerjakan. Karena pembangunan jalan tol seksi I yakni Betungan-Taba Penanjung sepanjang 17,6 kilometer diperkirakan selesai pada Mei mendatang yang akan langsung dilanjutkan ke pembangunan tahap ll,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator legal dan humas PT Hutama Karya Infrastruktur Chandra Irawan mengatakan, saat ini progres pengerjaan fisik jalan tol seksi I sudah mencapai 70 persen.

“Pengerjaan fisik yang telah rampung tersebut meliputi perkerasan jalan menggunakan rigid pavement dan pengerjaan enam jembatan yang telah selesai dari 29 jembatan yang direncanakan,” ujarnya

Ia menambahkan, pengerjaan tol Bengkulu-Lubuk Linggau ini terbagi menjadi tiga seksi yaitu seksi I Kota Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 17,6 kiloemeter, seksi II Taba Penanjung-Kepahiang sepanjang 28 kilometer, dan seksi III Kepahiang-Lubuk Linggau sepanjang 54. Dengan total keseluruhan jalan tol Bengkulu-Lubuk Linggau dibangun sepanjang 96 kilometer. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*