Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan di BU Lancar

foto Kepala BPJS Kesehatan BU, Nanang Jayadi

ARGA MAKMUR, Bengkuluekspress.com – Meskipun, saat ini pemerintah tengah mengkaji kebijakan penundaan pembayaran iuran Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan bagi peserta yang terdampak virus corona atau COVID-19. Rencana tersebut saat ini masih dalam pembahasan dan masih dalam kajian lintas kementerian. Namun diharapkan bagi para peserta BPJS Kesehatan agar membayarkan iurannya tepat waktu. Hal itu dinilai akan membantu pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Terkait hal tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Nanang Jayadi mengatakan, bahwasanya untuk iuran BPJS Kesehatan di BU masih tergolong lancar walaupun dalam kondisi Covid 19. Atas kebijakan penundaan pembayaran iuran masih menunggu keputusan MA.

“Untuk iuran sendiri masih dikatakan lancar dalam kondisi covid 19 ini. Namun terkait dengan kelonggaran pembayaran iuran BPJS masih menunggu keputusan MA, jika itu terjadi kita akan terapkan,” kata Nanang.

Nanang menambahkan, terkait kebijakan ini memang ada yang menanyakan beberapa warga bagaimana kebijakan pemerintah dengan iuran saat kondisi sulit ekonomi saat ini. Kendati demikian masyarakat BU masih sadar pentingnya akan kesehatan sehingga masih bersedia membayar iuran tepat waktu.

“Walupun memang ada yang mempertanyakan tersebut, masyarakat masih sadar pentingnya akan kesehatan, Alhamdulilah masih bersedia membayar iuran tepat waktu,” ungkapnya.

Sementara itu, ketika disinggung dengan besarnya tunggakan saat ini, Nanang belum belum bisa menyampaikan dan dilihat secara garis besar, berapa jumlah tunggakan BPJS saat ini.

“Kita belum bisa melihat berapa tunggakan saat ini, namun secara garis besar bisa di lihat dalam hitungan beberapa bulan, maka baru bisa kita bisa melihat persentase besar atau tidaknya tunggakan,” pungkasnya. (127)