Pembatas Tebing Bayur Perlu Perbaikan Segera

BINTUHAN, BE- Pembangunan pembatas jalan nasional Tebing Bayur di Desa Air Long Kecamatan Maje. Pemkab Kaur bukan tidak mau membangun. Tetapi jalan itu tanggung jawab pemerintah pusat. Karena lokasinya merupakan jalan nasional. Namun kedepannya, Pemkab Kaur akan melakukan koordinasi dengan Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU), sehingga pembangunan diharapan bisa dilakukan.

“Kita sebenarnya akan menganggarkan pemabatas jurang tersebut melalui APBD, setelah kita kaji bahwa lokasi itu masuk dalam wilayah jalan negara. Sehingga biar pusat saja yang menanganinya sehingga dana APBD bisa digunakan untuk pembangunan lainnya,” ujar Bupati Kaur Dr Ir H Hermen Malik Msc kepada BE, kemarin.

Menurutnya, memang sangat penting pembangunan pembatas tersebut dilakukan, mengingat banyaknya kecelakaan akhir-akhir ini di lokasi tersebut. Mengingat lokasi jalan tersebut menurun dan menikung serta jurang hingga mencapai 20 meter. Namun dalam hal ini pihaknya sebagai kepala daerah akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat. “Walaupun APBD belum bisa dilakukan, namun pihak akan segera menyikapi persoalan tersebut, karena dinilai sudah darurat,” jelasnya.

Fraksi Kaur Bersatu cukup menyayangkan jika pembatas jalan Tebing Bayur itu belum juga dibangun, jika urusan pusat setidaknya ada kejelasan kapan akan dibangunnya. Pihaknya sudah beberapa kali mengingatkan Pemkab Kaur agar segera menyikapi persoalan tersebut.

“Hampir setiap bulan lokasi Tebing Bayur selalu makan korban, akibat lambannya pemerintah untuk memperbaikinya,” jelas anggota Fraksi Kaur Bersatu H Sonuhdi SE.

Hal Senada juga diungkapkan anggota DPRD Kaur Dapil III Maje-Nasal Drs Arjun Tauhari menjelaskan, bahwa setidaknya Pemkab membangun sedikit saja dilokasi Tebing Bayur. Nantinya jika betul pusat mengkucurkan dana bisa menyambung kembali bangunan tersebut. “Itulah gunanya bahwa adanya perhatian terhadap lokasi tersebut, jika Pemkab tidak perhatian maka pusat pun demikian. Makanya kita harapkan tahun 2013 lokasi pembatas itu bisa dibangun dengan baik, sehingga bisa mengurangi angka kecelakaan,” jelasnya.(823)