Pembangunan TPA Tertunda

ILUSTRASI duit
foto : ist

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Realisasi bantuan anggaran untuk pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah senilai Rp 18 miliar tahun anggaran 2019, tertunda. Batalnya bantuan tersebut lantaran lahan TPA yang berada di Muara Langkap tidak siap.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabuaten Kepahiang Muktar Yatib SPd melalui Sekretaris Tedy Adeba ST mengatakan, yang punya wewenang untuk mengusulkan pembangunan TPA tersebut adalah Dinas Pekerjaan Umum. Kendati pada tahun lalu pembangunan TPST yang akan dijadikan TPA telah diusulkan pihaknya pada Kementerian PUPR.

“Anggaran pembangunan TPA yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Pemprov sudah tersedia, tinggal lagi kesiapan TPA. Sekarang ada TPST, tapi sifatnya harus TPA yang dilengkapi dengan administrasi,” terangnya.

Tedy menegaskan, anggaran pembangunan TPA Kabupaten Kepahiang ini, bukan batal melainkan tertunda realisasinya. Saat ini Dinas PU telah mengusulkan perencanaan pembangunan TPA Lubuk Saung pada Kementerian PUPR melalui Direktur Jenderal Perumahan dan Permukiman.

“Kita optimis pada tahun mendatang pembangunannya segera terrealisasi. Informasinya, anggaran lebih dari Rp 18 miliar, termasuk bantuan alat berat dan sarana prasarana pengelolaan sampah yang dibutuhkan di TPA,” tutupnya.(320)