Pembangunan Stadion Tahap Pembebasan Lahan

Foto : IST

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Pembangunan stadion berstandar nasional sudah menjadi target pemerintahan Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid- Wabup Hetti Herawati. Sehingga Kabupaten Kepahiang memiliki fasilitas olahraga cabang sepak bola yang memadai untuk memacu semangat tumbuhnya bibit-bibit atlet olahraga sikulit bundar.

Hidayatullah mencanangkan pembangunan fasilitas olah raga multi cabang yang terpadu disatu tempat. Sehingga, sarana dan prasarana dibangun bisa mengakomodir pembinaan bibit atlet berbagai cabang olahraga khususnya yang sangat digemari masyarakat.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepahiang, Nuriansyah ST melalui Kabid Pora, Sandi Fitriansyah SPd SD mengatakan, proses pembangunan lahan stadion kabupaten masih dalam tahap pembebasan lahan.



“Pemerintah membutuhkan lahan seluas 5 hektar, agar sarana dan prasarana olahraga yang akan dibangun bisa berada disatu komplek. Jadinya nanti fasilitas olahraga terpadu,” ujar Sandi, Rabu (15/5).

Menurutnya, pembangunan sarana terpadu olah raga mesti memiliki lahan yang cukup serta akses baik. Sehingga pembinaan berbagai atlet berbagai cabang olahraga bisa dilaksanakan dengan matang, guna memunculkan bibit pontensial daerah. “Luas bersihnya dibutuhkan sekitar 4 hektar, lalu untuk akses jalan serta penunjang lainya total bisa 5 hektar,” ungkap Sandi.

Sementara untuk lapangan sepak bola Padang Lekat dipastikan luasan lahan tidak mencukupi. Sehingga, Pemkab Kepahiang mencari alternatif lahan lainnya untuk pembangunan stadion dan lain-lain. “Lapangan Pedang Lekat bisa jadi untuk stadion kecamatan,” kata Sandi. (320)