Pembangunan Shelter Dimulai Desember

SURVEI - Tim dari Satgas Pacific Pertnership saat meninjau lokasi pembangunan Shelter di Desa Pondok Kelapa, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Benteng

PONDOK KELAPA, Bengkulu Ekspress– Rencana pembangunan shelter atau tempat evakuasi sementara oleh Satgas Pacific Pertnership di Desa Pondok Kelapa, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) segera terealisasi.

Menindaklanjuti wacana itu, tim dari partnership kembali melakukan pengecekan lokasi sebelum pembangunan dimulai, kemarin (25/7).



“Hari ini (kemarin,red), utusan dari partership, yakni dari bagian administrasi dan kontraktor pelaksana sudah meninjau lokasi,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Benteng, Drs Tomi Marisi MSi.

Dari koordinasi, sambung Tomi, partnership akan memulai pembangunan pada akhir tahun 2018 ini. Meski demikian, Tomi tidak mengetahui secara pasti anggaran yang akan digelontorkan untuk pembangunan shelter tersebut hingga tuntas.

“Sesuai dengan rencana, shelter di Kabupaten Benteng akan dibangun 5 (lima) lantai. Untuk tahun ini, shelter akam dibangun 2 lantai terlebih dahulu,” ungkap Tomi.

Lebih lanjut, Tomi menjelaskan, pembangunan shelter diharapkan mampu menjadi wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan perlindungan ketika terjadi bencana alam. Baik igelombang tinggi maupun gempa bumi. Sebab itulah, pembangunan gedung tentu saja harus dilakukan secara matang dan perhitungan yang tepat.

Jangan sampai, gedung shelter yang dibangun dengan ketinggian sekitar 25 meter tersebut memiliki konstruksi yang tidak sesuai dengan harapan dan menjadi bencana.”Ketika terjadi bencana, masyarakat bisa langsung menuju shelter untuk mendapatkan perlindungan dan keamanan. Ini merupakan pertolongan pertama sebelum akhirnya ada upaya penyelamatan atau evakuasi dari tim dari BPBD Kabupaten Benteng. Sebab itulah, kami harap agar pembangunan shelter bisa segera dituntaskan,” harap Tomi.(135)