Pembangunan Rel Kereta Bengkulu-Kota Padang akan Dikelola PD Bimex

Foto Hendrik/ BE – Asisten ll Setda Provinsi Bengkulu Hj. Yuliswani

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Rencana pembangunan rel kereta api Bengkulu – Kota Padang Rejang Lebong sedang dijajaki Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perusahaan Daerah (PD) Bimex. Hal itu diungkapkan Asisten ll Setda Provinsi Bengkulu Hj. Yuliswani, Kamis (15/10).

“BUMD kita yakni PD Bimex telah selesai melakukan MoU dengan pihak PT. Trans Rentang Nusantara (TRN), kemudian PD Bimex akan melakukan kerjasama dengan PT. Pos Group dalam pembangunan sebagai pihak ketiga pembangunan Rel Kereta Api Pulau Baai – Kota Padang,” kata Yuliswani, Kamis (15/10).

Yuliswani mengatakan, jadi wacana PT. Pos Group ingin bekerja sama dengan BUMD yang ada di Bengkulu yakni PT Bimex saat ini sedang dilakukan pembahasan bersama. Pihaknya menyambut baik atas PT. Pos Group yang ingin mengandeng BUMD untuk pembangunan rel kereta api tersebut.

“Kita (Pemprov) menyambut baik rencana PT. Pos Group itu. Kita juga inginkan agar betul-betul sinergi antara BUMD dan PT. Pos Group dalam membangun rel kereta api itu,” tegasnya.

Ia menambahkan, pada Februari lalu, telah dilakukan penandatanganan MoU investasi & pembangunan infrastruktur perkeretaapian dari Kota Padang ke Pulau Baai Bengkulu oleh PT. Trans Rentang Nusantara dengan PT. Pasifik Global Investment dari Korea di kantor Gubernur Bengkulu, yang disaksikan langsung Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah.

Namun hal itu terpaksa dibatalkan. Pasalnya, investor asal Korea seperti tidak merespon, karena saat Pemprov menyampaikan sebatas mana tindak lanjut MoU dengan berkirim surat namun tidak ada jawaban dari pihak PT. Pasifik Global Investment. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*