Pembangunan Patung Fatmawati Tunggu Izin Keluarga

=foto Iskandar ZO
=foto
Iskandar ZO

BENGKULU, Bengkuluekspress.com– Pembangunan patung Fatmawati Seokarno Putri yang digagas Plt Gubernur Bengkulu, H. Rohidin Mersyah hanya tinggal menunggu izin dari pihak keluarga Fatmawati. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, Iskandar ZO usai memimpin rapat membahas rencana pembangunan patung Fatmawati Soekarno Putri di ruang Melati Kantor Gubernur Bengkulu, Kamis (2/8).



“Ide pembangunannya berawal dari Pak Gubernur. Karena melihat banyak orang tidak tahu, apalagi generasi sekarang, bagaimana sejarah penjahit bendera pusaka Merah Putih,” kata Iskandar ZO kepada Bengkuluekspress.com.

Dengan membangun patung tersebut, seluruh rakyat Indonesia, khususnya rakyat Bengkulu diharapkan dapat mengenang jasa Fatmawati yang telah menjahit bendera pusaka Merah putih.

Diceritakan Iskandar, pada Februari lalu, Plt Gubernur Bengkuku berkirim surat ke Kementerian Sosial terkait pembangunan patung itu. Namun, menyangkut anggran, maka prosesenya akan sulit. Selanjutnya, berkirim surat ke Kementerian BUMN, dan ada titik terang untuk pembangunan patung ibu negara pertama itu dari dana CSR (Corporate Social Responsibility). Titik terang tersebut karena adanya program BUMN untuk negeri, maka ditunjuk BTN sebagai penyedia anggaran. “Yang paling penting izinnya dulu dari pihak keluarga, baru tahu estimasi biayanya berapa,” ujarnya.

Kalau izinya sudah ada, lanjutnya, maka akan diketahui bentuk patungnya seperti apa, patung Fatmawati sendiri atau bersama Bung Karno.

“Kalau untuk ukuran patungnya, kita rencanakan berukuran besar. Tinggi patung direncanakan 4 meter. Kalau biasanya pembangunan patung sebesar itu anggarannya Rp 5 Miliar ke atas. Kita juga harapkan patungya jangan hanya patung biasa, tapi ada biorama dan diharapkan tahun ini selesai pembangunannya,” tutup mantan Kepala BLH Provinsi Bengkulu ini. (HBN)