Pembangunan Pasar Sembayat Dilanjutkan

Pedagang berjualan sayuran di Pasar Sembayat.
Pedagang berjualan sayuran di Pasar Sembayat.

SELUMA TIMUR, Bengkulu Ekspress – Pada 2018 ini, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop dan UKM) Kabupaten Seluma, bakal mendapatkan kucuran dana tugas pembantuan (TP) dari kementerian.

Dana yang bakal diterima itu Rp 6 milliar. Untuk meneruskan pembangunan Pasar Sembayat di Kelurahan Sembayat, Kecamatan Seluma Timur. Dengan adanya bantuan dana itu, semua fasilitasnya pasar induk di Kabupaten Seluma ini bisa segera terwujud.

“Sebelumnya kita sudah melakukan ekspos bersama dengan kementerian sehingga kita dikucurkan TP dan pembangunan pasar tetap dilanjutkan ditahun ini,” ujar Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Seluma H Mulyadi SSos MM kepada Bengkulu Ekspress.

Diperkirakan dana Rp 6 milliar tersebut digunakan untuk menambah pembangunan los pasar dan pembangunan kios di bagian belakang. Bagi pedagang yang belum mendapatkan los dan kios bisa segera mendaftar nantinya. Kios dan los baru itu diutamakan untuk menampung pedagang yang masih tetap berjualan di Pasar Tais saat ini.

“Selain melakukan pendekatan dan sosialisasi, kami juga menyiapkan fasilitas untuk mereka disana. Sehingga pedagang yang belum pindah, bisa segera pindah ke Pasar Sembayat,” tegas Mulyadi.

Selain digunakan untuk pembangunan los dan kios, dana TP juga digunakan untuk pemenuhan fasilitas yang lain. Termasuk sarana air bersih serta penambahan daya listrik. Hanya saja semua perencanaannya ditentukan oleh kementrian. Dinas Perindagkop dan UKM Seluma hanya mengusulkan saja rencana penggunaan dana TP tersebut.

Disisi lain, terkait retribusi di Pasar Sembayat, Kadis Perindagkop dan UKM Seluma mengatakan sampai saat ini masih digratiskan.
“Sampai saat ini retrebusi masih belum di minta hingga benar-benar layak untuk dan manfaatnya dirasakan,” sampainya
Retribusi pasar baru diberlakukan setelah aktivitas jual beli di Pasar Sembayat normal.

Untuk saat ini hanya parkir yang dibebankan. Karena memang untuk parkir harus dibebankan agar kendaraan yang ada di Pasar Sembayat bisa lebih tertata.

Sedangkan untuk lokasi eks Pasar Tais rencana Pemkab Seluma, lokasi tersebut nantinya dijadikan sebagai lokasi sekolah Islam terpadu. Namun saat ini masih menunggu penyelesaian sertifikat atas nama Pemkab Seluma.

“Tim juga tengah memilah satu persatu lahan dan kepemilikan lahan yang ada di Pemda Seluma termasuk milik Pemda Seluma,” imbuhnya. (333)