Pembangunan Pariwisata Tingkatkan Ekonomi Kepahiang

KEPAHIANG, bengkulu ekspress.com – Pembangunan sektor pariwisata masih menjadi andalan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Objek wisata di Kecamatan Kabawetan menjadi sentral daerah tujuan wisata.
Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepahiang, Tedy Adeba ST menuturkan, secara keseluruhan pihaknya menyiapkan 28 hektar lahan di Kabawetan. “Pemerintah daerah tengah mencari investor besar, untuk mengembangkan pariwisata di Kabawetan, lahan yang disediakan secara keseluruhan ada 28 hektar,” tegas Tedy.

Ia mengatakanm pemerintah sudah memiliki master plan pembangunan wisata di Kabawetan. Seperti wisata religi, pendidikan, pertanian dan wisata alam. Yang dalam beberapa tahun terakhir sudah mulai dibuka oleh pemerintah, seperti wisata perkebunan teh, kebun kopi dan air terjun dengan sarana prasarana memadai.
“Sesuai master plan, sarana umum bagi para pengunjung sudah dibangun,” ucapnya.

Ia menerangkan, kedepan pemerintah menargetkan pembangunan taman air atau waterpark dengan luas lahan mencapai 5 hektar. Anggaran pembangunannya akan diajukan di APBD 2021 sesuai dengan master plan pembangunan pariwisata yang sudah dibuat sebelumnya. “Kita juga terus berusaha merencanakan pembangunan awal waterpark,” ujar Tedy.

Ketua DPRD Kepahiang, Windra Purnawan SP mengaku, siap mengalokasi dana pembangunan waterpark Kabawetan. Dengan estimasi kebutuhan anggaran mencapai Rp 15 miliar dapat disiapkan di APBD secara bertahap selama tiga tahun anggaran.
“Sesuai dengan master plan dari Dinas Parpora maka dananya akan disiapkan bertahap,” sebut Windra. (320)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*