Pembangunan Jalan Warung Pojok Dicanangkan

KABAWETAN, Bengkulu Ekspress – Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM mencanangkan pembangunan jalan hotmix menuju Desa Warung Pojok Kecamatan Muara Kemumu tahun depan. Izin pembangunan penggunaan kawasan hutan karena lahan masuk TWA sudah diselesaikan pemerintah hingga 2019. Sehingga pembangunan insfrastruktur menuju desa perbatasan tersebut dapat direalisasikan.

“Selama ini kendala di zin kementerian, sekarang semuanya sudah selesai maka tahun depan bisa kita laksanakan,” ungkap Hidayatullah.

Warga Desa Renah Kurang dan Desa Warung Pojok Kecamatan Muara Kemumu dapat bersabar untuk pembangunan akses jalan utama menuju kedua desa. “Karena kendala keterbatasan APBD, maka pembangunan tidak dapat kita laksanakan sekaligus. Jadi pembangunan dilakukan bertahap perkecamatan,” kata Bupati.

Saat ini kondisinya jalan yang sering disebut warga jalan tower tersebut sangat parah. Bahkan dengan keadaan musim penghujan seperti saat ini. Jalan tak dapat dilalui oleh kendaraan, sehingga masyarakat kedua desa merasa terisolir dan dianak tirikan pemerintah.

“Setiap tahun dirayakan selalu HUT Kabupaten Kepahiang, tetapi kegembiraan itu tidak sampai ketempat kami. Karena masih merasa belum menjadi bagian dari kabupaten pemekaran.Sebab hingga saat ini jalan saja masih tanah dan berlumpur,” ujar Beni Ardiansyah (23), warga sekitar.

Beni mengatakan, dengan rusaknya jalan utama mereka. Maka, hasil pertanian masyarakat didua kecamatan setiap tahunnya selalu diangkut atau dijual ke Kota Lubuk Linggau melalui jalan Beringin Tiga Rejang Lebong.

“Kopi masyarakat dibawa ke Linggau, karena kendaraan tidak bisa lewat untuk mengangkut kopi dan hasil pertanian lainnya ke pusat perkotaan Kabupaten Kepahiang,” tuturnya. (320)