Pembangunan Jalan Poros Tengah Tunggu Pemprov

ERICK/BE
JALAN POROS: Jalan di kawasan Kelurahan Tanjung Agung yang direncanakan akan menjadi kawasan jalan poros dari Kabupaten Lebong.

LEBONG, bengkuluekspress.com – Selesai menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tahun 2018 antara Kabupaten Lebong dengan Rejang Lebong, Kepahiang dan Bengkulu Tengah (Bentang) atas pembangunan jalan poros tengah. Ke-4 kabupaten tunggu petunjuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

Jalan poros tengah dimulai dari Kabupaten Lebong, yakni Kelurahan Tanjung Agung – Desa Pagar Agung – Danau Liang -Mubai (PGE) – Mangkurajo – Bukit Daun. Selanjutnya di Kabupaten Rejang Lebong, yakni Desa Sumber Rejo Transad – Kampung Melayu – Baru Manis – Air Pikat – Tebat Tenong Dalam – Tebat Pulau-Air Lanang. Lalu di Kabupaten Kepahiang akan melintasi daerah Tanjung Alam menuju ke Kabupaten Bengkulu Tengah yakni Karang Are – Raja Besi – Taba Gumantung – Pondok Kubang.

Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIp MSi mengatakan, bahwa perencanaan untuk pembangunan jalan poros tengah memang sudah lama dilakukan dan saat ini terus dilakukan pembahasan untuk memulai pelaksanaan pembangunan jalan yang kemungkinan besar akan dimulai di tahun 2020 ini.

“MoU telah kita lakukan dan tinggal menunggu pemprov untuk melakukan tindak lanjut apa yang telah disepakati,” jelansya, kemarin (27/11).

Menurutnya, dalam pembangunan jalan poros tengah atau jalan alternatif merupakan jalan yang akan menghubungkan beberapa kabupaten. Sehingga untuk pendanaannya nanti kemungkinan besar dari Pemprov Bengkulu. “Dananya dari Pemprov, namun jika nantinya diminta bagi-bagi agar masing-masing kabupaten yang mempersiapkan, kami Lebong sudah mempersiapkan,” sampainya.

Ditambahkan Bupati, dengan dibangunnya jalan poros tengah, maka akan sangat bermanfaat bagi semua kabupaten yang nantinya dilintasi. Terutama bagi Kabupaten Lebong yang selama ini jika dari Kabupaten Lebong untuk menuju Kota Bengkulu membutuhkan waktu 3 jam melintas Kabupaten Bengkulu Utara dan 4 jam lebih melintas dari kawasan Rejang Lebong. “Namun jika nanti jalan poros tengah selesai dibangun, maka hanya waktu lebih kurang 1 jam dari Lebong sudah sampai ke Kota Bengkulu,” ujar Bupati.(614)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*