Pembangunan Jalan di Kepahiang Wujudkan Impian Warga Pedesaan

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Setelah belasan tahun menanti, harapan ribuan warga di Kecamatan Muara Kemumu baru dapat terwujud diakhir tahun 2020. Setelah pemerintah daerah merealisasikan pembangan jalan hotmix menuju Desa Langgar Kencana dan Damar Kencana. “Pekerjaan sudah berjalan, ditargetkan selesai tepat waktu,” jelas Kadis PUPR Kepahiang, Rudy A Sihaloho ST.

Menurutnya, pembangunan ini sebagai program membuka keterisioliran akses keluar masuk Desa Warung Pojok Kecamatan Muara Kemumu. Diera kepemimpinannya, Bupati Dayat membangun jalan hotmix sepanjang 2.730 M dari Desa Warung Pojok sampai Desa Air Punggur yang selama puluhan tahun dalam kondisi berlumpur dan curam hingga sangat sulit dilintasi.
Secara keseluruhan ada pun titik lokasi pembangunan jalan yang akan dilaksankan, yaitu ditahun 2020 ini yakni Jalan Bandung Jaya-Kepahiang Indah sepanjang 4.090 M, Jalan Renah Kurung-Batu Bandung sepanjang 1.160 M.
Pembangunan Jalan tersebut bukan menggunakan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD), namun menggunakan anggaran pinjaman daerah ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan Jalan tersebut senilai Rp 20 miliar.
“Ini pembangunan strategis tidak tidak dapat dielakkan. Sudah bertahun-tahun pembangunan di TWA tersebut terkendala perizinannya, mulai dari amdal dan lain sebagainya. Sekarang Alhamdulillah pembangunan sudah bisa kita laksanakan, dan sudah ada kerja sama dengan KLHK,” jelasnya. (320)