Pembangunan Groundbreaking Tol Bengkulu, Tunggu Instruksi Pemerintah RI

foto ; Yuliswani

Bengkulu, Bengkuluekspress.com -Pembangunan jalan tol ruas Bengkulu – Sumatera Selatan, dijadwalkan 15 Maret 2019. Pembangunan yang diawali dengan pembangunan groundbreaking yang dilakukan PT. Hutama Karya ini pelaksanaannya masih menunggu instruksi dari Pemerintah RI.

Proses pengerjaan pembangunan jalan Tol perdana di Provinsi Bengkulu ini, sudah dianggarakan di APBN tahun ini.”Dokumen perencanaan pengadaan sudah diserahkan,” ujar Asisten ll Setda Provinsi Bengkulu Hj. Yuliswani menjawab pertanyaan bengkuluekspress.com, Rabu (13/3).

Yuliswani mengatakan, Pemerintah Provinsi Bengkulu, mendorong terlaksananya pembangunan infrastruktur jalan tersebut. Namun proses pembangunannya ada di Pemerintah RI, termasuk untuk groundbrekingnya.”Kita (Pemprov) minta secepatnya, kalau bisa besok,” tukasnya.

Dilanjutkannya, pembangunan jalan tol disegerakan tahun ini. Karena hal itu sudah dianggarkan pada APBN.Jika tidak dilakukan maka anggaran itu berpengaruh pada pembangunan Pemerintah RI dan PT. Hutama Karya mengalami kerugian karena sudah melakukan kontrak kerja sama.

Untuk tahap awal jalan tol dibangun sepanjang 17 kilometer. Mulai dari Kota Bengkulu (Pulau Baai) hingga Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah. Selanjutnya, dilanjutkan dengan pembangunan terowongan yang terhubung hingga Kabupaten Kepahiang.

“Lahan yang disiapkan milik Pemprov Bengkulu. Jadi tidak ada kendala untuk memulai pekerjaan pembangunan tahapan awal. Dari Pulau Baai hingga Taba Penanjung, sepanjang 17 kilometer. Kemudian, selanjutnya nanti dibangun terowongan,” paparnya. (HBN)