Pembangunan GI Mulai Dikerjakan

IRUL/Bengkulu Ekspress BANGUN: Inilah proses pembangun GI di Desa Kasuk Baru Kecamatan Tetap, Senin (13/5).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Keluhan masyarakat Kaur terkait dengan jaringan listrik yang sering mengalami gangguan, akan segera teratasi. Sebab PT PLN yang merencanakan akan membangun Gardu Induk (GI), saat ini mulai dikerjakan pendiriannya di lahan lebih 2 hektare yang berlokasi di Desa Kasuk Baru Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur. PT PLN telah memulai kegiatan pembangunan GI 150 KV sejak beberapa minggu ini.

“Ya untuk pembangunan GI Desa Kasuk Baru sudah mulai dikerjakan, dan saat ini sedang proses,” kata Manajer PLN Area Bintuhan, Anggun Haryadi, kemarin (13/5).

Menurutnya, pembangunan GI 150 KV ini dikerjakan oleh pihak ketiga dan nantinya akan menggunakan trafo berkapasitas 30 MVA untuk menyalurkan listrik kepada masyarakat. Adapun trafo berkapasitas 30 MVA ini dapat menyalurkan listrik kepada pelanggan hingga 25 Mega Watt untuk kebutuhan masyarakat Kabupaten Kaur.

“Kebutuhan listrik di Kaur ini terus tumbuh. Oleh karenanya, dengan adanya GI bisa mengatasi listrik yang yang mati di Kaur ini. Pembangunan GI dan Sutet ini sangat kita butuhkan bersama sebagai bentuk perhatian Pemerintah Daerah,” terangnya.



Ditambahkannya, data PLN menyebutkan pembangunan Sutet 150 VA Manna-Bintuhan di Kabupaten Kaur dibutuhkan 121 tower Sutet yang nanti akan melintasi 33 desa di lima kecamatan yakni Tanjung Kemuning, Semidang Gumay, Kaur Tengah dan Tetap. Sementara di Manna akan di bangun 83 Sutet. “Untuk tahap awal ini kita bangun GI dulu, setelah itu baru Sutetnya. Kita target pembangunan GI ini selesai di tahun 2019 ini, dan nanti di tahun 2020 sudah siap dioperasikan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kaur Drs. M.Thabri saat dikonfirmasi, ia menyampaikan ucapan terima kasih dengan dibangunnya GI tersebut. Ia berharap GI mampu menyuplai aliran listrik di 195 desa dan Kelurahan di Kabupaten Kaur.

Juga pembangunan GI itu khusus untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Kaur. Apalagi menurutnya, Kabupaten Kaur termasuk sebagai daerah terluas di Provinsi Bengkulu dan terbanyak mengunakan listrik, yang tentunya dengan berdirinya GI akan lebih membantu ketersediaan listrik saat ini yang sering menjadi permasalahan yang tidak terpecahkan selama ini.

“Kita sangat mendukung pembangunan GI yang sudah mulai dikerjakan pihak PLN ini, dengan dibangunnya GI ini kita harapkan ke depan kebutuhan daya listrik di Kaur bisa tercukupi,” harapnya. (618)