Pembangunan di Objek Wisata Bertahap

proyek
foto: ist

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara (BU) mendukung Wonderful Bengkulu 2020 dengan membangun Rencana Induk Pembangunan Objek Wisata (RIPOW) Air Terjun Palak Siring terus berjalan.

Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian mengatakan upaya pembangunan tersebut terus bertahap dilakukan karena master plan sudah ada. Terlebih lagi sudah ada Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah (Riperda) sebagai acuan pembangunan tersebut.

“Terus berjalan pembangunannya, masterplannnya kan sudah ada,” ujar Bupati.

Pembangunan tentunya akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran di Kabupaten Bengkulu Utara. Tetapi Bupati menargetkan tahun ini pembangunan terus dilakukan.”Tinggal kekuatan anggaran kita, tetapi kita tetap maksimal untuk menyelesaikannya,” imbuh Bupati.

Pantauan di lapangan, perubahan objek wisata Air Terjun Palak Siring sudah terlihat. Pada pintu masuk terdapat gapura besar. Kemudian tangga menuju lokasi air terjun sudah diperbaiki lengkap dengan pembatas. Tidak hanya tangga, jalan menuju air terjun bahkan dikeramik, berbeda dengan dulu yang masih tangga dari semen kasar berlumut dan licin.

Sepanjang jalan juga sudah dibangun pagar pembatas dari besi, agar pengunjung tidak menganggu tanaman. Jalan menuju bendungan peninggalan belanda juga sudah dibangun lengkap dengan pagar disepanjang aliran irigasi. Berbeda dengan dulu yang masih tanah, sehingga saat hujan jalan kerap berlumpur.



Disampaikan Dwi, warga Kemumu, pembangunan jalan menuju air terjun dan bendungan tersebut dimulai sesudah bulan puasa lalu. Secara tidak langsung ada sisi positifnya objek wisata yang sudah bertahun-tahun tidak dilakukan pembangunan akhirnya dibangun.

“Dulukan kalau jalan kesini licin kalo hujan, dengan adanya jalan baru ini pasti membuat nyaman pengunjung,” terang Dwi.(167)