Pembalap Indonesia Debut di GP Valencia

Pembalap motor Indonesia Rafid Topan Sucipto akan melakoni debutnya di Grand Prix Valencia, akhir pekan ini. Kepastian itu didapat setelah tim Moto 2, QMMF mengumumkan Topan sebagai pembalap pengganti Anthony West.

Sebelumnya, Otoritas balap motor internasional (FIM) telah menjatuhkan hukuman kepada Anthony West selama sebulan. Hukuman ini dijatuhkan setelah West gagal lolos tes doping pada balapan di Le Mans, Mei lalu.

Dilansir Crashnet, setelah memutuskan tak akan melakukan banding, QMMF langsung mencari pembalap pengganti. Dan sebuah kehormatan bagi dunia balap tanah air setelah Topan yang saat ini baru berusia 17 tahun akhirnya terpilih.

Terpilih Topan bukan tanpa alasan. Pembalap yang sebelumnya tampil di Supersport Asia Road Racing Class kelas 600cc ini telah beberapa kali menyabet beberapa penghargaan balap motor baik di kancah domestik maupun internasional.

Pada 2011, Topan berhasil menjadi jawara di kelas Underbone 115cc PETRONAS Asia Road Racing Championship. Pada balapan Moto 2 di Valencia  nanti, Topan Sucipto akan mendampingi pembalap perempuan QMMF, Elena Rosell.

West sendiri sempat menjadi runner-up di dua balapan terakhir Moto2 yang digelar di Malaysia dan Australia. Di Le Mans, West yang menunggangi Speed Up S12 hanya mampu finish di urutan ke-7 sebelum akhirnya tersandung doping.(**)