Pembahasan Raperda Dikebut

Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu mulai mengejar target pembahasan 14 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).  Raperda ini harus disahkan sebelum berakhirnya masa jabatan anggota dewan periode 2014-2019.

“Maunya kita tuntas semua di 2019 sebelum masa pelantikan dewan baru periode 2019-2024 hasil pemilu beberapa waktu lalu,” kata Ketua Badan Legislasi DPRD Kota Bengkulu, Kusmito Gunawan SH MH, kemarin (15/5).

Untuk diketahui, 14 Raperda ini merupakan usulan dari Pemerintah Kota Bengkulu yang sudah diusulkan sejak 2018 lalu. Hanya saja dalam proses pembahasannya molor karena selain tidak memiliki waktu yang tepat, juga belum ada keseriusan dari masing-masing anggota dewan untuk menuntaskan Raperda tersebut.

“Saat ini kita sudah kejar itu ada 14 Raperda dibagi menjadi 3 Panitia Khusus (Pansus) sesuai dengan komisi. Seperti tadi di Komisi III sedang membahas Perda Pasar dan Penyertaan Modal BPD, begitu juga dengan pansus yang lain,” jelasnya.

Disampaikan Politisi PAN ini, proses pembahasan ini sudah berjalan sekitar 3 minggu, dan ditargetkan selama bulan Ramadan ini semua pembahasan selesai 100 persen. Apalagi saat ini sudah ada kesamaan persepsi anggota dewan untuk menyelesaikan tanggungjawabnya, ditambah lagi ada keaktifan dari pihak legislatif seperti OPD, Kabag Hukum, dan Staf Ahli untuk hadir ke kantor DPRD membahas Raperda itu. “Setelah hari raya idul fitri nanti tinggal proses rapat-rapat internal dewan sehingga nanti bisa di paripurnakan,” harapnya.

Menurut Kusmito, pembahasan dan pengesahan Raperda ini menjadi yang terakhir sebelum dilantiknya anggota dewan terpilih dalam periode baru sekitar bulan September mendatang. “Ini bagian dari ibadah kita menyelesaikan tugas-tugas yang belum terselesaikan, jangan sampai nanti tidak ada peninggalan produk hukum untuk dewan yang lama ini,” pungkasnya. (805)

14 Raperda Usulan Pemkot :
1. Pengelolaan Pasar Rakyat
2. Pemberdayaan PKL
3. Perubahan Retribusi Pelayanan RSUD Kota
4. Bangunan Gedung
5. Perubahan Pemakaian Kekayaan Daerah
6. Penyelenggaraan Perparkiran
7. Perubahan Pajak Hiburan
8. Rencana Tata Ruang Wilayah Kota 2012-2023
9. Retribusi Jasa Tera/Tera Ulang
10. Retribusi Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing
11. Pengelolaan Barang Milik Daerah
12. Perubahan Pelayanan Kesehatan Hewan
13. Penyertaan Modal PDAM
14. Penambahan Penyertaan Modal Bank Bengkulu