Pembagian DAK, Belum Ditetapkan

ILUSTRASI duit
foto : ist

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kepahiang hingga kemarin (11/4) belum mendapatkan keputusan pembagian Dana Alokasi Khusus (DAK) SD dan SMP. Dengan anggaran sekitar Rp 16 Miliar untuk pengadaan alat peraga praktek siswa, pengadaan komputer serta operasional sekolah tersebut belum ada rinciannya.

elaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Plt Kadis Dikbud) Kepahiang Dr Hartono MPd melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Nining Fawely Parju SPt MM menjelaskan, kemungkinan SK Kementerian mengenai alokasi masing-masing sekolah keluarga minggu depan. “Minggu depan mungkin baru keluar Sk-nya,” kata Nining.  Menurutnya, acuan pembagian DAK masing-masing sekolah berpedoman pada Data Pokok Pendidik (Dapodik). Karena, alokasi sekolah juga disesuikan dengan jumlah murid.



“Pembagiannya tidak akan berpaling dari pedoman Dapodik masing-masing sekolah,” ungkapnya.

Untuk pengadaan alat komputer dari DAK semua sekolah terakomodir. Tahun depan seluruh sekolah sudah bisa melaksanakan Ujiaan Nasional Berbasik Komputer (UNBK). Kalau target tahun ini seluruh sekolah sudah melaksanakan UNBK, namun faktanya dari 39 SMP se Kabupaten Kepahiang baru 17 SMP yang melaksanakan UNBK. (320)