Pemasangan PDAM di 4 Kelurahan Distop

ILUSTRASI
Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bengkulu menyetop pemasangan sambungan pipa air baru ke empat kelurahan. Yakni, Kelurahan Rawa Makmur, Kandang Limun, Sidomulyo, Timur Indah. Hal ini dikarenakan kawasan tersebut memiliki tekanan air yang rendah sehingga tidak bisa dilakukan penambahan jaringan.

“Daerah-daerah itu tekanannya airnya sudah mulai melemah, kalau kami menambah jaringan di situ, maka nanti bisa menggangu aliran pelanggan yang lain,” kata Direktur PDAM Kota Bengkulu, Sjobirin Hasan SE, kemarin.

Ia mengaku bahwa sejauh ini jarang melayani penambahan pelanggan yang mengajukan pemasangan sambungan ke lokasi tersebut, alias distop sementara waktu. Hal tersebut  Untuk menghindari terjadinya komplen dari para pelanggan di kemudian hari.

“Memang selama ini kami belum memberikan layanan tambahan karena kami paham di daerah itu tekanannya masih sangat lemah,” jelasnya.

Di sisi lain, pihaknya sangat mengharapkan upaya penyediaan air baku PDAM dari PLTA Musi bisa segera terealisasi. Jika hal itu sudah terealisasi maka dipastikan pelayanan PDAM untuk masyarakat Kota Bengkulu bisa lebih maksimal.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain SE juga mendesak agar Pemkot kembali duduk bersama Pemprov untuk melakukan proses hibah sumber air baku PDAM di PLTA Musi tersebut, menginggat semakin hari kebutuhan air bersih ini semakin meningkat. Ia meminta agar antisipasi ini harus dilakukan sebelum ada masalah kekurangan air bersih di kemudian hari.

“Waktu itu kita sudah duduk sama-sama tapi belum ada tindaklanjutnya. Kalau Pemprov setuju maka pusat akan mengucurkan bantuan hibah dan kota bisa melakukan realisasi dalam mempersiapkan kebutuhan air bersih itu lebih maksimal,” pungkasnya. (805)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*