Pemanfaatan Pekarangan

WARTA DESA. kades Lubuk Gedang, MustadiKEPALA Desa (Kades) Lubuk Gedang Kecamatan Lais, Bengkulu Utara (BU), Mustadi mengungkapkan saat ini warga desanya telah mulau memanfaatkan pekarangan rumah. Dengan cara menanam buah-buahan, diantaranya pepaya dan mangga. Hasilnya, buah-buahan pun bisa dijual, hingga dapat menambah pemasukan keluarga.

“Saat ini setiap rumah sudah ada tanaman pepaya dan mangga, yang harga buahnya sudah dipasang warga¬† dengan kisaran harga Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu per buah. Sedangkan mangga panennya tergantung musiman,” ungkap Kades Mustadi.

Tak hnaya itu, kepada warganya ia meminta selalu memanfaatkan pekarangan dengan beragam tumbuhan lainnya yang bermanfaat. Tidak diwajibkan untuk menanam mangga dan pepaya. Menurutnya, warga yang memiliki pemasukan keuangan melalui tanaman yang berada di depan rumah itu adalah sebuah kebaikan. Ditambah lagi, saat ini untuk bibit mangga termasuk bibit yang sulit ditemui, sedangkan bibit pepaya bisa dimanfaatkan warga dari buah pepaya itu sendiri. (117)