Pemain asal Kamerun Tidak Lantas Didepak

JAKARTA — Sanksi FIFA terhadap federasi sepakbola Kamerun (FECAFOOT) mengancam keberadaan pemain asing asal Kamerun di Indonesia.

Beruntung, hingga kini pemain asal Kamerun yang terlanjur teken kontrak dengan klub-klub di Indonesia masih bisa bermain.

Agen pemain, Francis Yonga, mengaku tidak terlalu merisaukan dengan adanya sanksi itu. Hanya saja, ia sangat menyayangkan karena pemain asal Kamerun cocok di Indonesia.

“Kualitas mereka bagus dan gaya bermainnya juga cocok,” kata Francis Yonga saat dihubungi, Selasa (9/7).

Francis mengaku tidak pusing karena bisa mendatangkan pemain dari negara lain. Saat ini dia mengaku sedang melakukan kontak dengan beberapa pemain dari negara lain untuk dipromosikan di Indonesia.

Jules Onana, salah satu agen pemain yang punya banyak stok pemain asal Kamerun, mengatakan saat ini kondisi para pemain yang ditanganinya berada dalam situasi yang aman. Ia telah menerima informasi tersebut dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Joko Driyono.

“Pak Joko Driyono (Sekretaris Jenderal PSSI) menyatakan para pemain yang sudah ada di Liga Indonesia tetap aman. Tapi untuk pemain baru masih menunggu status dari kondisi sepakbola Kamerun,” kata Onana di Jakarta, Selasa (9/7).

Onana mengungkapkan bahwa dirinya tidak terlalu merisaukan kondisi tersebut. Jika memang pemain Kamerun dilarang maka klub akan mencari pemain dari negara lain. (abu/jpnn)