Pelunasan BPIH, Setelah Cek Kesehatan

foto; Heriansyah SAg MA

ARGA MAKMUR Bengkulu Ekspress – Bagi 202 Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) yang akan berangkat ke Tanah Suci, Mekah tahun ini, pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) baru dilakukan setelah cek kesehatan. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Bengkulu Utara Heriansyah SAg MA saat dikonfirmasi kepada Bengkulu Ekspress belum lama ini.

“Pelunasan BPIH baru dilakukan setelah CJH lolos dari cek kesehatan,” kata Heriansyah.

Ia menambahkan bahwa dalam pemeriksaan kesehatan tersebut akan diperiksa jantung, asam urat dan hypertensi. Dari hasil tes kesehatan nantinya akan diperoleh diagnosa dokter yang terbagi dalam 3 rekomendasi yakni sehat, sehat untuk pekerjaan tertentu dan tidak sehat.



“Pemeriksaan Kesehatan ini wajib bagi seluruh CJH, bila dipastikan keadaan sehat baru CJH bisa melakukan pelunasan BPIH,” ujarnnya.

Lebih lanjut Heriansyah menyampaikan, selain pemeriksaaan kesehatan wajib dilakukan untuk menentukan jemaah dalam keadaan sehat. CJH juga dianjurkan melakukan vaksin meningitis dan influenza untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang prima dalam beribadah bersama ribuan orang dari berbagai penjuru dunia ini nantinya. “Bagi CJH yang belum melakukan pemeriksaan segera datang ke Puskesmas terdekat serta pemberian vaksin. Sehingga, para CJH dapat menjaga kesehatannya sebelum keberangkatan haji nantinya,” tandasnya.(127)