Pelindo II Diminta Tuntaskan Syarat KEK

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu meminta PT Pelindo ll Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu untuk menyelesaikan pengurusan persyaratan administrasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu Darpinudin, mengatakan, proses pengurusan syarat administrasi sudah berlangsung sekitar 2 tahun. Ada 17 item persayaratan untuk administrasi KEK tersebut, namun 15 item sudah dilengkapi dan tinggal menyisakan 2 item persyaratan lagi.

“Proses administrasi perubahaan regulasi hingga saat ini belum tuntas. Jadi, kami minta Pelindo II Cabang Bengkulu untuk menyelesaikan itu, karena KEK ini sangat mendukung perekonomian di Bengkulu,” ujar Darpinudin, Jumat (17/6).

Dilanjutkan Darpinudin, jika memang semua persyaratan sudah selesai maka nantinya akan bisa langsung dibawa ke Dewan KEK. Setelah itu, baru bisa kita dari pemerintah daerah untuk melaksanakan program dengan mengundang investor.

“Karena Gubernur terus mendengungkan program KEK di Pulau Baai, tetapi administrasinya belum tuntas,” sesalnya.

Sementara itu, GM Pelindo Cabang Bengkulu, Silo Santoso mengatakan, saat ini untuk dokumen persyaratan sedang disinkronkan. Diakui Silo, memang ada perubahaan luasan dari usulan awal 410 hektare menjadi 130 hektare.

“Saat ini masih menyesuaikan perubahan 130 hektare yang bisa diakomodir. Pada triwulan ke III atau ke IV tahun ini semuanya beres dan sudah bisa diurus perizinannya ke pemerintah daerah,” tutupnya. (HBN)