Pelayanan Tidak Optimal

IPUH,BE – Puluhan kepala desa di Kabupaten Mukomuko belum memiliki kantor desa sehingga untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat masih dilakukan di rumah pribadi masing- masing kades.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Kades Tirta Mulya, Sumadiana. Dikatakannya, belum adanya kantor desa membuat pelayanan kepada masyarakat tidak optimal dimana pelayanan tidak menentu. “Kami para Kades memang tidak ada jam kerjanya melainkan pelayanan untuk masyarakat selama 24 jam. Namun kantor cukup penting sehingga kami dapat mengagendakan secara rutin. Jam berapa masyarakat bisa mendapatkan pelayanan di kantor desa dan di rumah pribadi kades,” katanya.

Menurutnya, jika kantor desa sudah ada maka pelayanan akan lebih optimal. “Kan tidak mungkin selalu ada kadesnya di rumah. Yang kasian adalah  masyarakat sudah jauh-jauh ke rumah kades, namun kadesnya tidak berada  ditempat. Nah, inilah manfaatnya jika ada kantor desa sehingga pelayanan untuk masyarakat terjadwal dengan baik,” ucapnya.

Dicontohkannya dari  pukul 7.30 WIB hingga habis jam kerja seperti para PNS lainnya masyarakat bisa mendapatkan pelayanan di kantor desa. Dan di luar jam kerja bisa datang langsung kerumah kades, yang pasti jika ada kantor desa pelayanan akan  lebih optimal. (900)