Pelayanan Mobile Disdukcapil Tuntas, Mampu Rekam Data 800 Orang

Gunawan Suryadi SSos MAP

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com –Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bengkulu Selatan (BS) telah selesai melakukan pelayanan mobile atau pelayanan keliling untuk dokumen administrasi kependudukan khususnya layanan Kartu Keluarga (KK), rekam KTP elektronik, akte pencatatan sipil, dan Kartu Identitas Anak (KIA). Kepala Disdukcapil BS, Gunawan Suryadi SSos MAP mengaku dari hasil pelayanan keliling tersebut, ratusan warga yang melakukan perekaman data.

“Dari hasil pelayanan keliling, ada 800 lebih warga yang melakukan perekaman data KTP elektronik,” katanya.

Dikatakan Gunawan, pelayanan keliling tersebut dilakukan di 5 Kecamatan yang jauh dari kantor disdukcapil BS, sebab masih banyak warga yang belum memiliki KTP elektronik. Ke-5 Kecamatan itu yakni Kedurang, Kedurang Ilir, Air Nipis, Seginim dan Pino Raya. Hasilnya, dari pelayanan khusus KTP-el untuk perekaman data totalnya 800-an. Terdiri dari, perekaman baru 500-an warga dan perbaikan eleman data 300-an warga.

“Perekaman baru didominasi usia 17 tahun dan lansia,” ujarnya.

Khusus perbaikan elemen data sambung Gunawan yakni perubahan status perkawinan, status pekerjaan, pindah alamat, serta ada kerusakan fisik KTP-el. Meskipun sudah banyak yang melakukan perekaman data saat pelayanan keliling, Gunawan mengaku masih ada warga yang belum melakukan perekaman data KTP el. Oleh karena itu, Dirinya mengimbau warga yang belum sempat rekam data saat pelayanan keliling untuk segera mendatangi kantor Disdukcapil BS.

“Jangan sampai ada warga yang tidak memiliki KTP El, sebab bisa menghambat untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pillada nanti,” terang Gunawan. (asri)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*