Pelatih dan Instruktur Olahraga Diberi Pelatihan

ARY/Bengkulu Ekspress
Kepala Bidang pada Deputi Tenaga Olahraga dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora RI, Ahmad Arsani saat membuka pelatihan pelatih dan instruktur olahraga tingkat pemula yang ada di Provinsi Bengkulu Jumat (7/9) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Untuk meningkatkan kemampuan pelatih dan instruktur olahraga yang ada di Provinsi Bengkulu. Kementerian Pemuda dan Olahraga RI menggelar pelatihan bagi pelatih dan instruktur olahraga tingkat pemula.

Pelatihan yang digelar sejak tanggal 6 September kemarin digelar di Aula STAIN Curup dengan diikuti oleh 500 orang peserta baik dari Kabupaten Rejang Lebong dan sejumlah daerah lain yang ada di Provinsi Bengkulu.

Menteri Pemuda dan Olahraga yang diwakili oleh Kepala Bidang pada Deputi Tenaga Olahraga dan Organisasi Keolahragaan, Ahmad Arsani saat pembukaan kegiatan Jumat (7/9) kemarin menjelaskan bahwa kedepan, profesi seorang pelatih merupakan profesi professional yang menjanjikan dan terlindungi. Dimana guru olahraga dan pelatih harus memiliki sertifikasi atau dokumen sebagai syarat melatih pada sebuah pertandingan.



“Kedepannya baik guru maupun pelatih olahraga harus memiliki sertifikasi sebagai syarat untuk melatih,” sampai Ahmad.

Sementara itu, untuk kegiatan pelatihan yang digelar tersebut, menurutnya, merupakan baian dari upaya Kemenpora dalam memfasilitasi pelatih tingkat pemulai di Provinsi Bengkulu. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya peningkatan SDM tenaga keolahragaan.

Sementara itu, Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rejang Lebong, Drs Noprianto MM mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Kemenpora tersebut sangat positif dan bermanfaat bagi pelaku olahraga di Kabupaten Rejang Lebong.

Terlebih lagi menurut Nopri tidak semua daerah di tanah air bahkan tidak sampai 20 daerah yang mendapat program tersebut. Sehingga menurutnya pemerintah Kabupaten Rejang Lebong sangat menyambut baik kegiatan tersebut.

Kita sangat berterima kasih kepada Kemenpora yang telah mempercayakan Rejang Lebong dalam melaksanakan kegiatan ini,” sampai Noprianto

Dalam kesempatan tersebut, Nopri juga menyampaikan bahwa saat ini masyarakat Rejang Lebong sangat semangat dalam melaksanakan olahraga. Terlebih lagi saat ini sejumlah organisasi keolahragaan telah terbentuk di Kabupaten Rejang Lebong seperti Bapopsi dan Formi. Dimana kedua organisasi keolahragaan tersebut mendapat anggaran dari pemerintah.”Contohnya untuk Formi saja, dari APBD 2018 mendapat anggaran sebesar Rp 200 juta,” paparnya.

Sementara itu, dengan kegiatan kemarin, ia berharap bisa meningkatkan kemampuan guru dan pelatih olahraga yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, sehingga bisa meningkatkan kualitas olahraga di Kabupaten Rejang Lebong.

Disisi lain, Ketua Panitia Pelaksana, Deri Effendi mengungkapkan bahwa peserta kegiatan pelatihan tersebut adalah guru-guru olahraga, pelatih cabang olahraga, organisasi olahraga dari Kabupaten RL, Lebong dan Kepahiang sebanyak 500 orang.

“Dengan adanya kegiatan ini kita berharap bisa meningkatkan kemampuan pelatih dan instruktur olahraga di Kabupaten Rejang Lebong,” sampai Deri.(251)