Pelantikan Kades 1 April, 4 Desa Pilkades Ulang

SERAHKAN: Panitia Pilkades saat menyerahkan logistik Pilkades ke Kantor PMD Kaur, Senin (1/3).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Pelantikan 115 kepala Desa (Kades) yang telah menggelar Pilkades serentak tahun 2021 ini dijadwal akan digelar pada 1 April mendatang. Hanya saja desa yang terjadi draw yakni empat desa akan kembali menggelar Pilkades ulang dalam waktu dekat, setelah Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kaur menggelar rapat terkait dengan teknis pelaksanaan Pikades ulang.

“Jadwal kita 1 April pelantikan, tapi kita lihat kojndisi. Apalagi ada Pilkades ulang, ini juga akan kita bahas kembali nantinya,” kata Kepala DPMD Kaur, H Asmawi SAg MH, Senin (1/3).

Dijelaskan Asmawi memang dalam rencana awal pelantikan Kades terpilih, yakni 1 April mendatang. Namun bisa saja mengalami perubahan, pihaknya akan mengupayakan pada April nanti proses pelantikan dapat dilaksanakan.

Sedangkan mengenai Pilkades ulang, berdasarkan Peraturan Bupati Kaur nomor 23 tahun 2021 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Bupati nomor 20 tahun 2020 tentang petunjuk teknis persiapan dan pelaksanaan pemilihan kepala desa di Kabupaten Kaur.

“Dalam hal calon kepala desa yang mendapatkan dukungan suara terbanyak lebih dari 1 orang dengan jumlah suara yang sama, maka untuk menentukan calon yang berhak menjadi kepala desa, diadakan pemilihan ulang bagi calon kepala desa yang mendapatkan jumlah suara yang sama tersebut,” terangnya.

Lanjutnya, waktu pelaksanaan pemilihan ulang dapat ditetapkan dengan keputusan dari DPMD. Dimana mana pihaknya akan menggelar rapat terkait dengan penetapan jadwal Pilkades ulang, dengan mekanisme pelaksanaan pemilihan ulang yang mulai dari undian nomor urut calon Cakades sama dengan proses sebelumnya. Namun bila nanti pemilihan ulang sebagaimana dimaksud diatas hasilnya tetap sama, maka bupati menunda pelaksanaan Pilkades sampai dengan waktu yang ditetapkan kemudian.

“Untuk jadwalnya akan kita sampaikan dalam waktu dekat dan akan kita gelar rapat dulu,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui dari 115 desa itu ada empat desa yang draw yakni Desa Jawi Kecamatan Kinal, Datar Lebar 1 Kecamatan Lungkang Kule, Desa Suka Merindu Kecamatan Semidang Gumay dan Desa Durian Besar Kecamatan Luas. Sementara proses Pilkades di 111 desa lainnya berjalan lancar aman dan terkendali. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*