Pelantikan DPRD Terpilih Tunggu Petunjuk Gubernur

Gedung DPRD Rejang Lebong yang ada di Jalan Sukowati Curup. Untuk pelaksanaan pelantikan DPRD Rejang Lebong terpilih sekretariat DPRD Rejang Lebong masih menunggu petunjuk Gubernur Bengkulu.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Meskipun pelantikan DPRD Rejang Lebong terpilih sudah dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus mendatang. Namun menurut Sekretaris DPRD Rejang Lebong, Ir Zulkarnain MT waktu pelaksanaan pelantikan dewan terpilih tetap menunggu petunjuk Gubernur Bengkulu.

“Untuk pelaksanaan pelantikan dewan terpilih, saat ini kita masih menunggu petunjuk dari Gubernur Bengkulu,” sampai Sekwan saat dikonfirmasi Selasa (13/8) kemarin.

Menurut Sekwan, pihaknya masih menunggu keputusan gubernur terkait pelaksanaan pelantikan dewan terpilih, karena menurut Sekwan SK pelantikan sendiri juga dikeluarkan oleh Gubernur Bengkulu. Dimana menurutnya hingga kemarin SK untuk pelantikan dewan terpilih juga belum mereka terima dari Gubernur Bengkulu. “terkait dengan pelantikan dewan terpilih ini juga kami sudah berkoordinasi dengan asisten I Pemprov maupun Kabag Pemerintahan,” papar Zulkarnain.

Terkait dengan alasan pelantikan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus sendiri, menurut Zulkarnain sesuai dengan PP nomor 12 tahun 2018 serta surat Menteri Dalam Negeri tertanggal 21 Juni lalu kepada seluruh ketua DPRD Provinsi dan Kabupaten serta Kota. Dimana dalam PP dan surat Mendagri tersebut disebutkan bahwa bila masa berakhir priode anggota DPRD saat ini berakhir pada hari libur maka pelantikan bisa dilakukan dihari berikutnya.

Lebih lanjut menurut Sekwan, setelah mereka membuka arsip pelantikan anggota DPRD priode saat ini, ternyata waktu pelantikannya pada tanggal 25 Agustus 2014 lalu, sehingga menurutnya berakhirnya masa bakti anggota DPRD Rejang Lebong saat ini bukan tanggal 24 Agustus melainkan pada tanggal 25 Agustus, dimana menurutnya tanggal 25 Agustus tersebut jatuh pada Hari Minggu.

“Meskipun jatuh pada Hari Sabtu juga kemungkinan besar tetap kita laksanakan hari Senin karena pada hari Sabtu yang akan melantik yaitu ketua PN juga dalam posisi libur,” paparnya.

Sementara itu, terkait dengan persiapan pelaksanaan pelantikan sendiri, menurut Sekwan saat ini masih dalam pihak persiapan sembari menunggu keputusan dari Gubernur Bengkulu terkait waktu pelantikan. Untuk lokasi pelantikan sendiri akan tetap dilaksanakan di ruang Paripurna DPRD Rejang Lebong. Dalam pelantikan anggota DPRD Rejang Lebong nanti, karena keterbasan tempat, maka menurut Sekwan panitia akan membatasi jumlah keluarga anggota DPRD Rejang Lebong terpilih yang masuk keruangan, dimana keluarga yang boleh masuk nanti hanya keluarga inti saja. “Selain didalam ruangan, kita juga akan menyiapkan tenda diluar untuk keluarga lain yang datang, karena nanti yang boleh masuk ke dalam hanya keluarga inti saja,” demikian Sekwan.(251)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*