Pelantikan Bupati Seluma Tunggu Pelantikan Gubernur Terpilih

TAIS, bengkuluekspress.com – Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Seluma terancam ditunda, mengingat saat ini masih menunggu hasil gugatan sangketa pada pemilihan Gubernur Bengkulu ke Makamah Konstitusi (MK). Pasalnya, pelantikan bupati dan wakil bupati Seluma dilakukan oleh Gubernur Bengkulu terpilih secara serentak.

Diketahui saat ini, Bupati dan wakil Bupati seluma berakhir pada 17 Februari mendatang, sehingga jika sangketa gubernur bengkulu belum kunjung dikeluarkan dan pelantikan bupati seluma ternacam ditunda hingga April. Sehingga Pemda Seluma bakalan mengusulkan carateker guna mengisi kekosongan jabatan bupati.

“Berkaitan dengan Bupati Seluma terpilih tidak ada masalah. Untuk pelantikan tetap menunggu keputusan MK terkait gugatan sangketa, karena yang melantik langsung oleh gubernur bengkulu terpilih,” ujar Asisten I Setda Seluma, Mirin Ajib SH MH

Dijelaskan, jabatan Bupati seluma bakalan berakhir pada februari mendatang. Sehingga jika belum ada keputusan dari MK, maka akan segera mengajukan carateker ataupun pelaksana harian.

“Yang jelas Bupati habis 17 Februari dan kita akan gelar serah terima jabatan. Jika sampai kebulan april nanti tunggu kewenangan gubernur apakah careteker atau PLH. Karena jabatan tidak bisa kosong, minimal diisi selama dua bulan,” ujar Mirin.

Ketua KPU Seluma, Sarjan Effendi SE Kepada BE mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih menunggu Buku Registrasi Pekara Konstitusi (BRPK MK) untuk melakukan penetapan calon bupati terpilih.

“Jika sesuai jadwal BRPK keluar tanggal 18 Januari. Maka kita akan menetapkan calon terpilih pada 20 januari. Nanti kita kordinasi dulu ke Sekda,” singkat Sarjan. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*