Pelamar CPNS Dibatasi

CONTOH: Pelamar CPNS diwajibkan untuk meng-upload foto selfie dengan membawa E-KTP dan kartu bukti mendaftar.

Hari Pertama Portal SSCN Lemot

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 resmi dibuka pada, Rabu (26/9) pukul 00.01 WIB. Para pelamar sudah dapat langsung melakukan registrasi ke sejumlah instansi yang telah mengumumkan rekruitmen CPNS. Data yang masuk hingga pukul 14.30 WIB tercatat jumlah akun pelamar yang sudah teregistrasi mencapai 555.024.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan saat dikonfirmasi Fajar Indonesia Network (FIN), Rabu (26/9) mengatakan, sejauh ini para pelamar baru dapat melakukan registrasi ke 245 kementerian/lembaga/instansi daerah. Rinciannya, 200 instansi daerah dan 45 kementerian/lembaga.

“Sejak dibuka pagi ini, terhitung sampai dengan pukul 12:40 WIB, jumlah akun registrasi di portal SSCN sudah mencapai 555.024 untuk 245 K/L/D yang sudah membuka pendaftaran,” kata Mohammad Ridwan.

Dia mengatakan BKN membatasi jumlah pelamar dalam setiap harinya. Hasil kesepakatan yang dibuat bersama Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) dalam sehari hanya melayani pembuatan 2 juta akun untuk pelamar CPNS.

“Server Dukcapil membolehkan web SSCN mengakses 2 juta NIK per hari untuk pendaftaran akun SSCN. Sebelumnya Ditjen Dukcapil hanya memberi jatah pembuatan akun sebanyak 1 juta per hari. Namun disepakati agar ditambah menjadi 2 juta akun per hari,” bebernya.

Meski terbilang cukup banyak, namun dengan jumlah pelamar 2 juta akun per hari diakui tidak akan menimbulkan masalah. Dia memastikan pembatasan 2 juta akun per hari tidak akan menimbulkan masalah. Dari hasil pengalaman pembukaan lowongan CPNS tahun lalu, di mana tahun lalu totalnya hanya 2,4 juta akun yang dibuat. “Masih jauh dari kapasitas maksimal yang disediakan,” terangnya.

Dijadwalkan pendaftaran online melalui portal SSCN akan dibuka hingga 10 Oktober 2018 mendatang. Informasi mengenai formasi dan syarat jabatan yang dibuka pada rekrutmen CPNS ada pada portal tersebut. Selain dapat dilihat di laman SSCN juga dapat di lihat pada website K/L/D yang membuka rekrutmen. Pelamar diimbau untuk tidak buru-buru melakukan pendaftaran karena data yang sudah diinput pelamar di portal SSCN tidak dapat diubah.

Portal SSCN Lemot

Sementara itu, hari pertama pendaftaran, portal resmi di https://sscn.bkn.go.id itu justru lemot. Salah satu calon peserta CPNS, Yopi Irmayanti warga Bumi Ayu Kota Bengkulu mengatakan, dirinya kesulitan mengakses server dari portal resmi itu. Sebab, ketika dirinya mendaftar, server sulit diakses, walupun telah menggunakan kompter bukan menggunakan smartphone.

“Saya sudah login terus, tapi ternyata masih sulit untuk dibuka portalnya,” terang Yopi kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (26/9/2018).

Lanjutnya, untuk sekali login saja, harus menunggu 2 sampai 5 menit. Belum lagi ketika masuk ke pendaftaran dan memasukan berkas pendaftaran, harus diulang lantaran gagal. Apalagi formasi yang ia ambil dengan formasi guru yang banyak diakses oleh calon pendaftar. “Jadi harus tunggu, sampai beberapa menit baru bisa login,” paparnya.

Setelah menunggu cukup lama, dirinya masih terus berusaha agar pendaftara bisa dilakukan. Namun ternyata, pendaftaran masih tetap tidak bisa dilakukan. Untuk itu, dirinya memputuskan untuk menunda dan mendaftarkan kembali pada waktu yang tepat. “Ya gagal, jadi mau cari waktu yang pas untuk mendaftar lagi,” tambah Yopi.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi melalui Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian (PPIK), Dei Natali Handy mengatakan, memang kondisi server dihari pertama terlalu rame. Sehingga para calon pendaftar sulit mengakses pendaftaran. Sampai dengan kemaren (26/9), baru satu orang yang mendaftarkan diri menjadi peserta CPNS.

“Grafik servernya memang ramai, jadi server sering sibuk. Sekarang saja, baru 1 orang yang daftar,” ujar Dei.

Dijelaskannya, server itu akan normal kembali, ketika para pengakses server sudah mulai sepi. Untuk itu, para calon pendaftar harus cari waktu yang pas untuk mendaftar. Jangan cari jam-jam sibuk untuk mendaftarkan diri. “Saran kita bisa daftar malam hari. Karena akan sepi yang daftar,” terangnya.

Menurut Dei, waktu pendaftaran itu telah dibuka selama 15 hari dari tanggal 26 September. Waktu yang cukup panjang itu harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh para pendaftar. Meski demikian, calon pendaftar disarankan untuk tidak buru-buru mendaftar. Sehingga pendaftaran harus salah dilakukan.

“Waktu masih pajang. Diperhatikan betul, jangan sampai tergesa-gesa,” tambahnya.

Seperti diketahui, kuota CPNS di Provinsi Bengkulu ada sebanyak 2.650 CPNS yang akan diperebutkan oleh calon pelamar. Terdiri dari tenaga guru 1.493 orang, tenaga kesehatan 746 orang, teknis 392 orang dan honorer K2 sebanyak 19 orang.

Jatah penerimaan CPNS untuk di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu totalnya ada 317 orang, terdiri 201 orang guru, 55 orang tenaga kesehatan dan 61 orang teknis.

Plt Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA menjamin tidak terdapat celah untuk melakukan kecurangan maupun adanya praktik percaloan dalam pelaksanaan tes CPNS.

“Dengan sistem yang telah dibuat, kemudian diawasi, saya yakin sudah tidak ada celah lagi untuk melakukan kecurangan maupun adanya praktik percaloan,” kata Rohidin usai mengikuti kegiatan Ramah Tamah Hari Statistik Nasional di BPS Provinsi Bengkulu, Rabu (26/9/2018).

Ia menjamin tidak ada celah untuk berbuat curang karena setiap tahapan yang akan dilalui oleh para peserta cukup ketat. Mulai dari peserta datang ke lokasi, menyerahkan KTP, kemudian dilakukan verifikasi nomor peserta. Selain itu, saat ujian pun hasil dari soal yang dikerjakan oleh para peserta dapat dilihat secara real time. Hal tersebut menunjukkan bahwa seluruh rangkaian tes CPNS tidak ada celah untuk berbuat curang.

“Kalau melihat prosesnya mulai dari peserta menunjukkan KTP-nya, kemudian petugas memverifikasi nomor ujian peserta. Setelah itu hasil yang dikerjakan para peserta pun dapat langsung dilihat secara real time. Saya jamin tidak ada kesempatan berbuat curang,” tutupnya.(999/151/FIN)