Pelaku Pemukulan Berpangkat Letkol

JAKARTA – Tindakan anarkis terhadap wartawan Riau Pos (Grup JPNN), Didik saat mengambil gambar jatuhnya pesawat tempur Hawk 200 di Desa Pasir Putih, Kampar, Riau, diduga dilakukan oleh perwira TNI AU bernama Letnan Kolonel Robert Simanjuntak, anggota Lanud Roesmin Nurjadin.

Perwakilan Riau Pos, Ilham Yasir yang juga pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Riau, menjelaskan dirinya telah melaporkan tindakan pemukulan dan perampasan kamera saat meliput ke POM AU Pekanbaru.

“Kita sudah lapor ke POM AU, baru Didik dan Robby RTV yang lapor, sedangkan Rian Anggoro dari Antara dan wartawan TV One serta satu lagi yang saya belum tahu namanya, belum,” kata Ilham Yasir.

Dia menjelaskan, pemukulan itu dilakukan oleh Letkol Robert Simanjuntak selaku perwira menengah yang juga memerintahkan perampasan kamera wartawan. Sampai saat ini kamera Didik juga belum dikembalikan.

“Kamera masih dirampas, kita sudah laporkan juga pada waktu itu ada Pamen TNI AU, Letkol Robert, dia yang pukul Didik, dia yang perintahkan rampas kamera. Robert pakai seragam lengkap, kalau yang lain pakai baju olahraga,” jelasnya.

Pelaporan itu menurut Ilham langkah prosedural yang ditempuh Riau Pos, korban juga sudah divisum. Sedangkan diluar upaya hukum, lanjut Ilham, wartawan di Riau juga akan buat pernyataan mengecam tindakan itu.

“Kita juga sedang kumpulkan foto-foto saat korban Didik dicekik, nanti akan dipublish,” tegasnya.(Fat/jpnn)