Pelaksanaan Pilkades di BS Molor

Hamdan Syarbaini SSos

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Selatan (BS), Hamdan Syarbaini SSos mengaku, pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di BS tidak bisa digelar sesuai rencana sebelumnya. Sehingga dipastikan akan mundur.

“Pelaksanaan Pilkades tidak jadi April tapi kami rencanakan Juni,” katanya.

Dikatakan Hamdan, tahun ini ada 127 desa yang akan menggelar Pilkades. Jika sebelumnya Pilkades serentak di 127 desa tersebut diselenggarakan April. Namun hal itu karena ada kendala, sehingga baru terlaksana di bulan Juni mendatang.

“Pilkades membutuhkan anggaran, sedangkan anggaran belum cair,” ujarnya.

Dijelaskan Hamdan, dengan direncanakannya Pilkades digelar Juni, sehingga dirinya memperkirakan akhir Juli para Kades terpilih sudah dilantik. Sehingga awal Agustus mereka sudah bisa bekerja.Hanya saja, kepastian pelaksanaan Pilkades menunggu anggaran cair.

“Setelah anggaran cair, tahapan Pilkades kita mulai,” imbuhnya.

Dijelaskan Hamdan, mengingat pelaksanaan Pilkades masih di masa pandemi covid-19, dirinya memastikan pelaksanaan Pilkades menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Hal itu untuk mengantisipasi agar tidak ada warga yang tertular Covid-19 saat Pilkades. Adapun yang harus dilakukan yakni warga dan panitia wajib memakai masker, menyediakan air bersih tempat cuci tangan. Menyediakan alat ukur suhu dan menjaga jarak agar tidak berkerumun.

“Saat Pilkades wajib mematuhi Prokes Covid-19 secara ketat,” terang Hamdan. (369)