Pelajar SMK Bisa Bekerja ke LN

CURUP, BE – Peluang kerja pelajar lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memang sangat luas. Selain memiliki kesempatan bekerja di dalam negeri, mereka juga memiliki peluang untuk bisa bekerja di luar negeri (LN).
Salah satu peluang kerja tersebut disosialisasikan oleh MKKS SMK Rejang Lebong bersama PT Sukses Mandiri Utama. Dalam kegiatan tersebut ketua Ketua MKKS SMK Rejang Lebong Sukarsih SPd MM melalui Sekretaris Asep Suparman MPd mengatakan, peluang bursa kerja keluar negeri ini merupakan momentum pelajar SMK untuk unjuk gigih bahwa sekolah kejuruan yang selama ini dipandang sebelah mata mampu berkarya di tingkat Asia.
“Tenaga kerja yang berasal dari SMK ini berbeda dengan TKI yang selama ini negara kita kirim. Akan tetapi mereka akan bekerja sebagai tenaga teknis sesuai dengan keahlian mereka maisng-masing,” jelas Asep.
Beberapa keahlian yang dimaksud Asep seperti jurusan Arsitek, Elektro dan listrik. Menurut Asep kesempatan kerja keluar negeri bagi pelajar SMK ini merupakan kesempatan emas bagi pelajar SMK yang ada di Rejang Lebong. Terlebih lagi pelaksanaan tes atau rekrutmen untuk kerja keluar negeri ini dilaksanakan langsung di Kota Curup.
“Tahun ini prosesnya akan lebih mudah, karena pelaksanaan tes dilakukan langsung di Curup ini. berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu dilaksanakan di pulau Jawa,’ tambah Asep.
Selain pelaksanaan tes, penandatangan kontrak kerja bagi yang lulus nanti akan dilaksanakan langsung di Kota Curup. Dalam kontrak yang disaksikan Dinas Tenaga Kerja Rejang Lebong mereka yang lulus akan diberi kesempatan untuk bekerja selama dua tahun. Apabila nanti mereka berprestasi atau bekerja dengan baik maka akan memiliki kesempatan untuk diperpanjang.
“Untuk perpanjang bisa mencapai 5 tahun asalkan berprestasi,” terang Asep.
Sementara itu, komisaris PT Sukses Mandiri Utama, Fa’awos Dealy MBA menjelaskan, untuk tahap pertama ini peluang kerja yang mereka tawarkan ke Malaysia. Saat bekerja di Malaysia nanti para pelajar Rejang Lebong juga akan dilatih sehingga lebih trampil sehingga bisa lebih mandiri lagi. “Untuk tahap pertama ini baru sebatas Malaysia. Namun ke depannya akan kita salurkan ke negara-negara lain khususnya kawasan Asia,” jelas Fa’awos.
Kegiatan sosialisasi yang dilakukan di GOR Kabupaten Rejang Lebong kemarin mendapat sambutan yang meriah dari ratusan pelajar yang ada di Rejang Lebong. Dalam kegiatan tersebut hadir Sekkab Rejang Lebong Drs Sudirman, Wakil ketua II DPRD Rejang Lebong Surya ST. Kepala Dinas Pendidikan RL Zakaria Effendi. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan SMK yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. (251)