Pelajar Seluma Masih Belajar di Rumah

TAIS, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma Emzaili Hambali MPd mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada perintah dari Bupati Seluma, perihal proses kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka. Sehingga Dinas Pendidikan masih menginstruksikan kepada SMP dan SD agar sementara tetap memberikan tugas kepada murid di sekolah.

“Sampai hari ini untuk Seluma proses KBM belum aktif. Serta belum ada tatap muka. Hal ini karena sampai saat ini belum ada perintah. Sehingga sementara waktu masih seperti sebelumnya. Yakni dengan memberikan tugas kepada murid oleh guru. Kemudian setiap satu minggu sekali tugas dikumpulkan,” tegas Kepala Dinas Pendidikan.

Meskipun demikian, Kadis Pendidikan mengatakan bahwa pihaknya tetap berharap agar kementerian atau pemerintah pusat segera membuka sekolah.  Kemudian melaksanakan proses KBM secara normal. Hal ini karena untuk Kabupaten Seluma saat ini proses belajar dalam jaringan (Daring) sangat tidak mungkin untuk dilaksanakan.

“Kami dinas tidak menganjurkan proses KBM secara online atau daring. Lihat saja kondisi Kabupaten Seluma. Lebih banyak sekolag yang berada di pedalaman. Sehingga terkendala masalah sinyal. Serta jaringan seluler. Hal ini jelas tidak akan bisa dilaksanakan proses belajar secara online,” tegas Emzaili.

Sehingga Emzaili tetap memerintahkan agar proses KBM dilaksanakan dengan cara memberikan tugas kepada murid sekolah. Kemudian setiap satu minggu sekali dikumpulkan dan diperiksa.

“Untuk saat ini memberikan tugas lebih efektif. Dibandingkan belajar online. Dengan melihat keadaan dan lokasi sekolah yang mayoritas di wilayah pedalaman di Kabupaten Seluma,” pungkasnya. (jef)